Kompas.com - 01/05/2021, 20:15 WIB
Ilustrasi warna kulit shutterstockIlustrasi warna kulit

KOMPAS.com - Pemilihan warna sebelum memakai kosmetik sangatlah penting. Tujuannya agar wajah tidak terlihat pucat, kusam, atau tampak lebih tua.

Meskipun memiliki warna favorit atau menginginkan makeup dengan look tertentu, sebaiknya jangan memaksakan diri.

Penggunaan warna kosmetik ke wajah sangat dipengaruhi oleh skin tone atau warna kulit. Apabila warna kosmetik tidak cocok dengan warna kulit, maka hasilnya bisa kurang memuaskan.

Warna kulit yang paling banyak dimiliki orang Indonesia khususnya perempuan adalah kuning langsat dan sawo matang.

Di sisi lain, menurut Colour Image Consultant Oya Miranti, mengetahui warna kulit saja belum cukup untuk menentukan warna kosmetik.

Ada hal lain yang juga perlu diperhatikan yakni undertone atau warna yang ada di bawah kulit. Undertone tidak terlihat secara kasat mata tapi bisa diketahui dengan cara melihat nadi.

Coba lihatlah warna nadi di balik tangan. Apabila nadi berwarna hijau, artinya kulit memiliki warm undertone. Sedangkan bila nadi berwarna biru keunguan, maka artinya kulit termasuk cool undertone.

"Mengetahui undertone dapat membuat seseorang tampak lebih bersinar, lebih glowing," kata Oya dalam acara pelucuran virtual kosmetik Alatte Beauty beberapa waktu lalu.

Baca juga: Yuk, Tentukan Tipe Warna Kulit Wajah dengan Bantuan 2 Lipstik

Selain melihat warna nadi, mencari tahu undertone juga bisa dengan kain. Menurut Oya, cara ini jauh lebih akurat.

"Pilihlah kain berwarna oranye atau fuchsia, kemudian bingkai wajah dengan kain tersebut seperti memakai hijab," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X