Kompas.com - 17/05/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai. FREEPIK/PROSTOOLEHIlustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.

KOMPAS.com - Melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan membuat umur panjang. 

Namun, tidak semua aktivitas fisik harus lah kegiatan olahraga. Melakukan kegiatan harian di rumah, seperti mengepel lantai, membersihkan kamar mandi, atau pun berkebun, juga bisa menyehatkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari di jurnal BMC Geriatrics menemukan bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga secara rutin memiliki asosiasi positif dengan volume otak dan kognisi pada orang berusia paruh baya.

Para peneliti dari Rotman Research Institute di Baycrest Hospital di Ontario, Kanada, mempelajari partisipan sebanyak 66 orang lanjut usia (lansia) yang tidak mengalami gangguan kognitif.

Baca juga: 4 Jenis Pekerjaan Rumah Tangga untuk Membakar Kalori

Para lansia tersebut menjalani evaluasi kesehatan dan kognitif, pencitraan otak struktural, serta penilaian aktivitas fisik.

Kemudian, peneliti juga mengukur volume otak, volume materi abu-abu, volume materi putih, dan menilai empat fungsi kognitif utama yakni memori, memori kerja atau perhatian, kecepatan pemrosesan, serta fungsi eksekutif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang lansia yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga memiliki volume otak yang lebih besar, terlepas dari seberapa banyak mereka berolahraga.

"Olahraga memang memiliki dampak positif pada otak, tetapi penelitian kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa hal yang sama mungkin berlaku untuk pekerjaan rumah tangga."

Demikian penuturan penulis utama studi dan seorang ahli fisiologi olahraga, serta koordinator proyek di Baycrest, Noah Koblinsky.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Otak Tetap Sehat Saat Menua

Mengurangi penurunan fungsi otak

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, melakukan pekerjaan rumah tangga membuat orang-orang secara alami bangun dan bergerak.

Walau usia terus bertambah, bukan berarti kita hanya duduk-duduk saja seharian. Justru jika kita tetap aktif bergerak, tubuh akan bugar dan sehat.

Jika merasa tak punya waktu untuk berolahraga, hasil penelitian ini membuktikan bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga juga dapat menghasilkan pengerahan tenaga fisik yang serupa dengan latihan aerobik intensitas rendah 

Terakhir, perencanaan dan organisasi yang terlibat dalam pekerjaan rumah tangga dapat mendorong pembentukan koneksi saraf baru untuk menjaga agar neuron yang ada tetap aktif.

Baca juga: Membersihkan Rumah Lebih Efisien dan Tak Mudah Berantakan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.