Kompas.com - 17/05/2021, 15:25 WIB
Ilustrasi anjing sedang bermain physIlustrasi anjing sedang bermain

KOMPAS.com - Mengusap kepala dan perut anjing, serta memberikan camilan atau makanan bernutrisi akan membantu anjing untuk tetap sehat dan bahagia.

Tetapi ada hal lain yang membuat anjing menjadi lebih sehat, yaitu dengan mengajak hewan itu berolahraga.

Berapa lama sebaiknya anjing harus berolahraga?

Carly Fox, staf dokter hewan di Animal Medical Center New York, Amerika Serikat memberikan penjelasannya.

Baca juga: Ini yang Biasa Dilakukan Anjing ketika Tuannya Tidak di Rumah

"Persyaratan latihan pada anjing dewasa bisa bervariasi tergantung ras anjing, dan memerhatikan jika anjing memiliki kondisi bawaan," kata Fox.

Sebagai contoh, anjing berjenis border collie yang berusia lima tahun memerlukan lebih banyak olahraga ketimbang anjing bulldog Perancis di usia yang sama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Umumnya, anjing dewasa dan anjing gembala seperti collie, shepherd, dan golden retriever memerlukan sekitar 1-1,5 jam waktu berolahraga dalam sehari.

Sementara itu, anjing ras pomeranian, yorkies, dachsund serta brachycephalic (anjing berkepala pendek) seperti Boston terriers hanya membutuhkan waktu olahraga selama 30-60 menit per hari.

Untuk anjing yang sudah berumur atau memiliki gangguan kesehatan bawaan seperti radang sendi, hal itu tidak perlu dikhawatirkan.

Hewan kesayangan itu masih bisa memeroleh manfaat dari latihan rutin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X