Kompas.com - 18/05/2021, 12:12 WIB
Teh hijau untuk cuci muka. Pixabay/DungthuyvunguyenTeh hijau untuk cuci muka.

KOMPAS.com - Teh hijau sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India untuk mengontrol pendarahan, menyembuhkan luka, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengatur suhu tubuh.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa teh hijau berpotensi memiliki efek positif pada segala hal mulai dari penurunan berat badan hingga mencegah penyakit alzheimer.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini terdapat sembilan manfaat teh hijau bagi kesehatan secara keseluruhan, seperti yang dilansir dari Medical News Today.

Baca juga: Simak, 8 Manfaat Tersembunyi dari Teh Hijau untuk Kesehatan

1. Mengurangi risiko kanker

Di negara-negara yang konsumsi teh hijaunya tinggi, beberapa tingkat kejadian kanker cenderung lebih rendah.

Namun, penelitian pada manusia belum menunjukkan bukti yang konsisten bahwa minum teh hijau mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah tinjauan berbasis data tahun 2020 dari studi epidemiologi dan eksperimental pada manusia memberikan hasil yang tidak konsisten dan bukti terbatas tentang manfaat konsumsi teh hijau terhadap risiko kanker secara keseluruhan.

Meski demikian, kandungan polifenol pada teh hijau dapat berperan penting dalam melindungi kulit dari radiasi UVB.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sekaligus Menekan Risiko Kanker

Sementara itu, penelitian terhadap hewan dan sel tabung reaksi memperlihatkan beberapa dampak positif pada jenis kanker berikut:

• payudara

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X