Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 12:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan sama sulitnya seperti menurunkan berat badan bagi orang lainnya.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk makan lebih banyak makanan yang membantu menaikkan beerat badan dan tinggi nutrisi untuk menaikkan berat badan dengan sehat.

Sebagai cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat, kita perlu mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar tubuh. Tapi, idealnya kalori didapatkan dari makanan padat nutrisi.

Beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu menaikkan berat badan lebih cepat dan secara sehat antara lain:

1. Susu

Susu telah sejak lama digunakan untuk membantu menaikkan berat badan.

Susu dapat memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk tubuh serta merupakan sumber kalsium yang baik. Minuman ini juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

Bagi orang-orang yang mencoba menambah otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik, yang menyediakan protein kasein dan whey.

Penelitian menunjukkan, susu dapat membantu menambah massa otot jika dikombinasikan dengan latihan angkat beban.

Cobalah rutin mengonsumsi segelas atau dua gelas susu murni (149 kalori per cangkir) setiap harinya di sela waktu makan atau sebelum dan sesudah berolahraga.

Konsumsi smoothie juga bisa menjadi cara menaikkan berat badan yang sehat. Kita bisa mengonsumsinya di pagi hari dengan mencampur satu porsi buah beri beku, segelas susu murni, dua sendok teh madu, dan satu sendok teh vanila.

Baca juga: 9 Cara Mudah Menaikkan Berat Badan dengan Lebih Cepat

2.Nasi

Nasi adalah makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia. 158 gram nasi matang dapat mengandung sekitar 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sedikit lemak.

Jika orang-orang yang diet diminta untuk membatasi konsumsi nasi, orang-orang yang ingin menaikkan berat badan dapat menambah porsi nasi yang dikonsumsinya.

Nasi juga membantu kita makan lebih banyak. Hal ini sangat membantu terutama untuk orang-orang yang susah makan atau cepat kenyang sebagai cara menaikkan berat badan.

Mengolah nasi menjadi menu lain, seperti nasi goreng, juga bisa membuat rasanya lebih lezat dan meningkatkan jumlah porsi yang dikonsumsi.

Nasi putih sebagai salah satu bentuk karbohidrat sederhana juga cepat dipecah menjadi partikel gula, membuatnya lebih cepat dicerna dan membuat kita lebih cepat lapar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com