Kompas.com - 18/05/2021, 12:22 WIB
Ikan berlemak, alpukat, dan kacang-kacangan dapat membantu menaikkan berat badan secara sehat. FREEPIK/JCOMPIkan berlemak, alpukat, dan kacang-kacangan dapat membantu menaikkan berat badan secara sehat.

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan sama sulitnya seperti menurunkan berat badan bagi orang lainnya.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk makan lebih banyak makanan yang membantu menaikkan beerat badan dan tinggi nutrisi untuk menaikkan berat badan dengan sehat.

Sebagai cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat, kita perlu mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar tubuh. Tapi, idealnya kalori didapatkan dari makanan padat nutrisi.

Beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu menaikkan berat badan lebih cepat dan secara sehat antara lain:

1. Susu

Susu telah sejak lama digunakan untuk membantu menaikkan berat badan.

Susu dapat memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk tubuh serta merupakan sumber kalsium yang baik. Minuman ini juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

Bagi orang-orang yang mencoba menambah otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik, yang menyediakan protein kasein dan whey.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian menunjukkan, susu dapat membantu menambah massa otot jika dikombinasikan dengan latihan angkat beban.

Cobalah rutin mengonsumsi segelas atau dua gelas susu murni (149 kalori per cangkir) setiap harinya di sela waktu makan atau sebelum dan sesudah berolahraga.

Konsumsi smoothie juga bisa menjadi cara menaikkan berat badan yang sehat. Kita bisa mengonsumsinya di pagi hari dengan mencampur satu porsi buah beri beku, segelas susu murni, dua sendok teh madu, dan satu sendok teh vanila.

Baca juga: 9 Cara Mudah Menaikkan Berat Badan dengan Lebih Cepat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X