Kompas.com - 18/05/2021, 10:06 WIB
Berat badan yang terlalu rendah dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan kesuburan, sistem kekebalan tubuh rendah, dan lainnya.
SHUTTERSTOCK/UFABIZPHOTOBerat badan yang terlalu rendah dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan kesuburan, sistem kekebalan tubuh rendah, dan lainnya.

KOMPAS.com - Ketika sebagian orang berjuang untuk menurunkan berat badan, sebagian orang lainnya justru melakukan berbagai cara untuk menaikkan berat badan.

Dokter biasanya merekomendasikan untuk menaikkan berat badan kepada orang-orang yang secara konsisten memiliki berat badan yang terlalu rendah.

Sebab, kondisi itu dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan kesuburan, sistem kekebalan tubuh melemah, peningkatan risiko komplikasi selama operasi, dan lainnya.

Selain itu, binaragawan atau atlet juga mungkin perlu menaikkan berat badannya dengan menambah otot.

Berat badan kurang (underweight) dapat ditentukan oleh Indeks Massa Tubuh (BMI). BMI kurang dari 18,5 dikategorikan underweight, sementara BMI di atas 30 dikategorikan sebagai obesitas. Sedangkan BMI 25 dianggap normal.

BMI dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Namun, untuk lebih mudah, kita bisa menggunakan kalkulator BMI yang banyak tersedia di internet.

Tak sedikit orang yang tergiur dengan cara cepat menaikkan berat badan. Namun, cara yang beredar di internet mungkin tak selalu benar dan sehat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk makan lebih banyak makanan yang membantu menaikkan beerat badan dan tinggi nutrisi untuk menaikkan berat badan dengan sehat.

Sebagai cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat, kita perlu mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar tubuh. Tapi, idealnya kalori didapatkan dari makanan padat nutrisi.

Sebab, tidak semua kalori dianggap sama dan beberapa pilihan makanan cenderung lebih bernutrisi daripada lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X