Kompas.com - 05/06/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Obesitas pada anak-anak sudah digolongkan sebagai krisis kesehatan masyarakat sebelum Covid-19. Namun, masalahnya setelah Covid-19 melanda, kasus obestitas pada anak makin meningkat.

Melansir dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Erna Mulati selaku Direktur Kesehatan Keluarga mengungkapkan bahwa penyebab penambahan berat badan anak adalah kebiasaan anak sambil selama menjalani kegiatan online.

Jennifer Brubaker, PhD, FNP-BC, praktisi kesehatan, mengatakan bahwa anak-anak dan remaja yang kelebihan berat badan berpotensi memiliki masalah kesehatan seumur hidup.

Nah, jika anak kelebihan berat badan, kita perlu membantunya membangun kebiasaan sehat yang akan terbawa hingga dewasa. Lakukanlah dengan memberikan contoh pada anak.

Berikut adalah lima cara orangtua membantu mendorong perubahan perilaku sehat pada anak:

1. Jadilah contoh yang baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak akan mengikuti kebiasaan orangtuanya. Orangtua yang malas-malasan akan menjadikan anaknya berperilaku sama.

"Karenanya, menjalani gaya hidup sehat dan aktif serta memilih makanan bergizi adalah hal terbaik yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak-anaknya menjadi sehat," kata Brubaker.

Mengajak seluruh keluarga dalam olahraga dan kebiasaan makan sehat membuat anak-anak yang kelebihan berat badan tidak merasa dikucilkan.

“Rumah tangga di mana orangtua aktif dengan anak-anak mereka cenderung lebih berhasil dalam mencapai gaya hidup yang lebih sehat,” kata Brubaker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.