Kompas.com - 11/06/2021, 11:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang menggunakan berbagai cara agar tubuhnya lebih sehat. Mulai dari berolahraga hingga menjaga pola makan yang sehat.

Meski demikian, ada banyak hal yang nampaknya menyehatkan justru bisa memperburuk kondisi tubuh, seperti melakukan diet yang membatasi sejumlah nutrisi baik bagi tubuh.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa kesalahan yang sering kali kita lakukan untuk menjadi lebih sehat, apa saja?

1. Mengonsumsi multivitamin berlebihan

Selama beberapa dekade, mengonsumsi multivitamin setiap hari dipasarkan sebagai jalan pintas menuju kesehatan yang lebih baik.

Namun pada tahun 2019, para peneliti dari Johns Hopkins melakukan tinjauan besar-besaran terhadap studi yang melibatkan hampir setengah juta orang, dan menunjukkan bahwa sains tidak cukup mendukung hal itu.

Secara khusus, para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi multivitamin tidak menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, demensia, atau kematian dini karena sebab apa pun.

Saran mereka adalah jangan membuang uang untuk suplemen dan lebih baik berkonsentrasi mendapatkan vitamin dan mineral dari berbagai macam makanan utuh setiap hari.

Baca juga: Jangan Kelebihan Minum Multivitamin, Bisa Bahaya

2. Melakukan detoksifikasi secara keliru

Detoksifikasi atau pembersihan, baik melalui diet dan lainnya, telah menjadi metode yang populer untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.