Kompas.com - 13/06/2021, 17:10 WIB
Albert Einstein. BBCAlbert Einstein.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rumus kesetaraan energi "E=mc2" yang ditemukan Albert Einstein adalah salah satu persamaan paling terkenal di dunia.

Namun, melihat langsung tulisan tangan Einstein mengenai rumus ini, hampir tidak mungkin.

Menurut Institut Teknologi California serta Universitas Ibrani Yerusalem, hanya ada empat contoh tulisan tangan asli Einstein untuk persamaan tersebut.

Tiga dari contoh itu adalah hologram yang disimpan dengan aman di Universitas Ibrani Yerusalem. Lalu, untuk yang keempat baru saja dilelang seharga 1,2 juta dollar AS atau senilai 17 miliar rupiah oleh rumah lelang RR Auction yang berbasis di Boston.

Tulisan persamaan tersebut dimasukkan dalam sebuah surat tulisan tangan dalam bahasa Jerman oleh Einstein pada tahun 1946 kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein.

Rumus kekekalan energi yang ditulis Albert EinsteinRR Auction Rumus kekekalan energi yang ditulis Albert Einstein
Di dalam surat tersebut, Einstein menghitung perbedaan massa antara sistem dua massa yang sama (diwakili oleh M) yang jaraknya tak terbatas dari yang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, Einstein melanjutkan persamaan, menghitung dua massa yang sama pada jarak tertentu (R) terpisah dan mengorbit pusat massa.

Walaupun terdengar rumit, Einstein merasa bahwa itu bukanlah soal yang terlalu sulit, dan ini dapat “dijawab dari rumus E=mc2 tanpa pengetahuan apa pun.”

Rumus kekekalan energi yang ditulis Albert EinsteinRR Auction Rumus kekekalan energi yang ditulis Albert Einstein
Silberstein sendiri dikenal sebagai kritikus atas karya Einstein, dan fisikawan itu menyimpan surat tersebut dalam arsipnya sendiri.

Keluarganya baru-baru ini melelang tulisan tangan Einstein, dan berharap mendapatkan 400.000 dollar AS atau senilai 5,7 miliar rupiah.

Namun mereka mendapat tiga kali lipat dari nilai perkiraan, berkat perang penawaran yang melibatkan lima pihak berbeda.

RR Auction mengidentifikasi dokumen itu sebagai surat penting dari sudut pandang fisika, karena menunjukkan pemikiran Einstein tentang persoalan mendasar dari masalah fisik.

Surat yang pernah dianggap hilang itu, kini telah disimpan oleh kolektor dokumen anonim, dan untuk sementara akan disembunyikan, lalu semoga saja dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Baca juga: Inilah 8 Orang dengan IQ Melebihi Einstein



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X