Kompas.com - 25/06/2021, 12:35 WIB
Zat besi banyak terkandung dalam telur, kacang-kacangan, bayam, makanan laut, hati, wijen, buncis, tomat, dan daging. SHUTTERSTOCK/TATJANA BAIBAKOVAZat besi banyak terkandung dalam telur, kacang-kacangan, bayam, makanan laut, hati, wijen, buncis, tomat, dan daging.

KOMPAS.com - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2019 lalu, makanan penambah kekebalan tubuh menjadi hal yang paling banyak dibicarakan.

Orang-orang mulai memberikan perhatian khusus pada makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, guna menjaga ketahanan tubuh terhadap virus tersebut.

Meskipun kini banyak orang telah divaksin, memasukkan makanan kaya mineral dan vitamin ke dalam rutinitas makan sehari-hari tetap merupakan bagian yang sangat penting.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Bayam sebagai Obat Alami

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi zat besi, dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang dianggap sebagai salah satu sumber zat besi terbaik dan sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain zat besi, sayuran berdaun ini juga kaya akan nutrisi penting lain, seperti kalsium, natrium, dan fosfor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah.

2. Lentil

Lentil atau kacang-kacangan sangat kaya akan zat besi yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 7 Makanan yang Mengandung Zat Besi, Baik untuk Cegah Anemia

Satu mangkuk lentil yang dimasak dapat menyediakan hingga 6 mg zat besi, yang merupakan 37 persen dari total kebutuhan zat besi harian tubuh.

3. Kedelai

Kedelai adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, dan 100 gram kedelai mentah mengandung hingga 15,7 mg zat besi.

Memasukkan makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu atau tempe ke dalam rutinitas makan sehari-hari, bisa menjadi cara yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

4. Kentang

Kentang merupakan makanan yang sangat umum dikonsumsi di rumah dan menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi.

Baca juga: Tips Merebus Kentang agar Cepat Matang dalam Waktu Singkat

Satu kentang mentah mengandung 3,2 mg zat besi. Selain itu, kentang juga merupakan sumber serat, vitamin C, B6, dan potasium yang sangat baik.

Meski demikian, hindari pengolahan kentang dengan cara digoreng dengan minyak karena akan menambah kalori dan lemak jenuh yang tidak sehat.



Sumber news18
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X