Kompas.com - 09/07/2021, 15:22 WIB
Ilustrasi diet Mediterania. SHUTTERSTOCKIlustrasi diet Mediterania.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Usus merupakan organ tubuh yang bekerja keras untuk mencerna makanan, menghasilkan vitamin yang membuat darah kita berfungsi dengan baik, serta membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Memiliki usus yang sehat juga dapat bermanfaat untuk mengelola kesehatan mental dan mengendalikan nafsu makan kita.

Nah, untuk mendukung mikrobioma usus tetap seimbang, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik dan serat (prebiotik). Selain itu, menghindari makanan-makanan yang tidak sehat bagi usus.

Diet terbaik bagi usus

Diet mediterania dinobatkan sebagai diet tersehat tahun 2021 oleh US News and World Report dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya.

Sebab, diet ini tidak mengikuti aturan ketat dan lebih berfokus pada makan sehat secara holistik yang menekankan untuk banyak mengonsumsi biji-bijian, buah, sayuran, ikan, serta makanan dengan lemak sehat.

Karena diet mediterania memprioritaskan bahan-bahan sehat daripada mengurangi karbohidrat atau mengurangi kalori, ini menjadi salah satu pola makan yang paling mudah untuk diikuti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi kesehatan usus terbesar American Gut Project menemukan bahwa indikator nomor satu dari mikrobioma yang sehat adalah berapa banyak makanan nabati yang berbeda (seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian) dikonsumsi seseorang secara teratur.

Diet mediterania juga dikenal sangat baik untuk diterapkan karena membatasi makanan olahan dan gula tambahan yang menjadi makanan terburuk bagi kesehatan usus.

Baca juga: Mengapa Diet Mediterania Bisa Amat Populer?

Tiga jenis diet terburuk bagi usus

Ada tiga jenis diet yang sebaiknya dihindari karena selain berdampak buruk untuk usus, beberapa diet ini juga tidak baik dilakukan dalam jangka panjang.

Yang pertama adalah diet ketogenik atau keto. Diet ini menghilangkan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang sehat untuk mengurangi asupan karbohidrat secara drastis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.