Kompas.com - 14/07/2021, 09:23 WIB
Ilustrasi jalan kaki ShutterstockIlustrasi jalan kaki
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berjalan kaki di pantai untuk berolahraga atau sekadar menghirup udara yang segar sambil melihat pemandangan indah ternyata memiliki banyak manfaat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki di pantai sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari membakar kalori hingga meredakan stres.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat berjalan kaki di pantai bagi kesehatan, simak poin-poin penting yang perlu kita ketahui, berikut ini.

1. Membakar lebih banyak kalori

Berjalan kaki di pantai mungkin akan jauh lebih berat karena kita harus berjalan di atas pasir, bukan di atas jalanan beraspal atau trotoar.

Namun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology, berjalan di atas pasir memiliki efek mendalam pada mekanika dan energi penggerak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktanya, penelitian tersebut mencatat bahwa berjalan di atas pasir membutuhkan kerja mekanis 1,6-2,5 kali lebih banyak daripada berjalan di permukaan yang keras dengan kecepatan yang sama.

Berjalan di atas pasir juga dapat membakar lebih banyak kalori daripada berjalan di atas jalanan beraspal biasa.

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Healthcare (Basel) menemukan bahwa berjalan di atas pasir bisa mengecilkan pinggang hingga 2,3 cm.

Terlebih lagi, setelah empat bulan, peserta penelitian yang berjalan di pasir melaporkan kualitas hidup yang lebih tinggi dan kontrol diet yang lebih baik.

Baca juga: Berapa Kalori yang Terbakar dengan Jalan Kaki?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.