Kompas.com - 28/07/2021, 08:28 WIB
Ilustrasi organ hati dan penyakit hepatitis. ShutterstockIlustrasi organ hati dan penyakit hepatitis.

KOMPAS.com - Kolesterol baik (high density lipoportein/HDL)  dikenal fungsinya untuk membersihkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mengirimkannya ke liver untuk dibuang keluar.

Namun, para ilmuwan menduga fungsi lain kolesterol baik yang selama ini tidak diketahui. Jenis kolesterol baik yang dimaksud adalah HDL3 yang ketika diproduksi oleh usus. HDL3 ini dapat memblokir sinyal bakteri usus yang menyebabkan peradangan hati.

Jika tidak diblokir, sinyal bakteri ini akan berjalan dari usus ke hati, di mana mereka mengaktifkan sel-sel kekebalan yang memicu keadaan inflamasi atau peradangan, yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Dokter bedah Gwendalyn J. Randolph, PhD, dan profesor Emil R. Unanue melakukan penelitian ini bersama dengan beberapa dokter bedah anak. 

Randolp mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir obat-obatan yang meningkatkan kadar HDL secara keseluruhan tidak disukai lagi.

Ini dikarenakan oleh hasil uji klinis yang tidak menunjukkan manfaatnya pada penyakit kardiovaskular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Penting Menjaga Kadar Kolesterol Baik?

"Tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa peningkatan kadar jenis HDL spesifik ini, dan secara khusus meningkatkannya di usus, mungkin menjanjikan dalam hal perlindungan terhadap penyakit hati," katanya.

Mikroba usus

Segala jenis kerusakan usus dapat mempengaruhi mikroba yang disebut bakteri Gram-negatif dapat mempengaruhi tubuh.

Mikroba tersebut menghasilkan molekul inflamasi yang disebut lipopolisakarida yang dapat melakukan perjalanan ke hati melalui vena portal, pembuluh utama yang memasok darah ke hati, dan membawa sebagian besar nutrisi ke hati setelah makanan diserap di usus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.