Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Kerja Suplemen Kolagen dan Manfaatnya bagi Tubuh

Kompas.com - 31/07/2021, 18:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang yang gemar melakukan perawatan kulit, khususnya para wanita, pasti sudah tidak asing lagi dengan kolagen.

Ya, kolagen merupakan salah satu protein yang memiliki manfaat besar untuk membantu menjaga kulit tetap kencang, terstruktur, dan awet muda.

Kolagen secara alami dapat ditemukan di dalam tubuh manusia yang berfungsi membentuk struktur kulit lebih kenyal, membentuk tulang, dan membantu jaringan pada otot lebih elastis.

Namun, seiring bertambahnya usia, kolagen di dalam tubuh dapat menurun yang menyebabkan penuaan.

Baca juga: 4 Manfaat Kolagen yang Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh sebab itu, kita membutuhkan tambahan pasokan kolagen dari luar, misalnya, dengan mengonsumsi suplemen.

"Saat kita muda, tubuh kita memproduksi lebih banyak kolagen," kata dokter kulit bersertifikat, Gary Goldenberg, MD.

"Setelah bertambah usia, regenerasi jaringan menurun dan beberapa faktor seperti lingkungan dan tingkat stres dapat mengurangi kolagen," sambung dia.

Cara kerja suplemen kolagen

Suplemen kolagen merupakan bentuk kolagen yang dapat dicerna tubuh, yang berasal dari hewan seperti sapi, ikan, dan ayam.

Ini biasanya berbentuk bubuk dan sering disebut sebagai kolagen terhidrolisis, kolagen hidrolisat, peptida kolagen, atau gelatin.

Cara kerjanya yakni dipecah melalui proses terkontrol yang disebut hidrolisis, di mana molekul air memutuskan ikatan kimia dalam protein kolagen yang berasal dari hewan ini.

"Kolagen adalah protein kompleks yang terbuat dari tiga rantai asam amino," ujar ahli nutrisi, Nour Zibdeh, MS, RDN, CLT.

"Sedangkan kolagen terhidrolisis adalah kolagen yang dipecah menjadi rantai protein kecil atau peptida kolagen dari beberapa asam amino," lanjut dia.

Setelah tertelan, peptida dan asam amino ini diserap ke dalam tubuh melalui usus kecil kemudian melakukan perjalanan untuk mendukung produksi kolagen alami tubuh melalui fibroblas.

Baca juga: Kenali Manfaat Konsumsi Minuman Kolagen

Dengan mengonsumsi suplemen kolagen ini kita bisa menambah pasokan kolagen yang lebih banyak, sehingga dapat bermanfaat bagi kulit, tulang, persendian, rambut, kuku, dan otot.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com