Kompas.com - 03/08/2021, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 yang belum terkendali menyebabkan semakin banyaknya ditemukan ibu menyusui yang terinfeksi Covid-19.

Terkadang, seseorang yang dinyatakan positif Covid-19 diberikan obat dan vitamin untuk membantu mempercepat proses pemulihannya. Lalu, jika ibu menyusui mengonsumsi obat dan vitamin, apa efeknya terhadap ASI yang diberikan?

Menurut Dokter Umum Konselor Laktasi, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr Nia Wulan Sari, CIMI, sebagian besar di antaranya sebetulnya aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

"Sebagian besar obat-obatan dan vitamin (untuk pasien Covid-19) aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Ibu Positif Covid-19, Bolehkah Menyusui?

Namun, Nia tetap menyarankan ibu menyusui untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, beberapa obat mungkin memiliki efek pada ASI.

Obat seperti oseltamivir dan favipiravir dalam bentuk terhidroksilasi, misalnya, memang ditemukan terdistribusi dalam ASI. Namun, metabolit aktif oseltamivir hanya terdeteksi pada ASI dalam jumlah minimal.

Oseltamivir dapat digunakan pada ibu menyusui jika potensi manfaat yang didapat oleh ibu melebihi potensi risiko paparan obat terhadap bayi.

Menurutnya, belum ada penelitian lebih lanjut terkait penggunaan favipiravir pada manusia yang melibatkan wanita hamil dan menyusui. Oleh karena itu, penggunaan favipiravir tidak dianjurkan pada ibu menyusui.

Selain itu, masih belum diketahui apakah metabolit acetylcysteine berada di dalam ASI, sehingga penggunaannya untuk ibu menyusui harus mempertimbangkan dengan matang manfaat dan risikonya.

"Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbangkan manfaat dan efek samping sebelum ibu menyusui mengonsumsi obat-obatan tersebut," ujarnya.

Baca juga: Ibu Menyusui Amankah Ikut Vaksinasi Covid-19?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.