Kompas.com - 04/08/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi mengatur keuangan Shutterstock/zhanghaoranIlustrasi mengatur keuangan

KOMPAS.com - Masalah keuangan ternyata menjadi salah satu sumber pertengkaran suami istri. Masalah ini memang sensitif sehingga banyak pasangan yang cenderung menghindarinya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Fidelity Investments terhadap 3.426 orang, ditemukan bahwa sebagian besar dari mereka kesulitan berkomunikasi tentang keuangan bersama pasangan.

Jika kita terus-menerus mengalami kesulitan untuk mengomunikasikan topik ini, sebenarnya ini bisa menjadi bom waktu. Pasalnya, keuangan keluarga juga bisa berantakan dan mungkin mengganggu kesehatan hubungan dalam rumah tangga.

"Melakukan percakapan tentang uang secara baik dan teratur bersama pasangan dapat menjaga kita, serta memeriksa ulang tujuan tabungan kita."

Demikian penuturan wakil presiden perencanaan kehidupan di Fidelity Investments, Meredith Stoddard.

Baca juga: Agar Tak Canggung Membahas Masalah Keuangan dengan Pasangan

Seberapa sering mendiskusikan keuangan dengan pasangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila kita belum pernah mengobrol tentang keuangan dengan pasangan, para ahli sepakat bahwa semakin dini kita melakukannya, semakin baik.

"Semakin cepat pasangan dapat memahami rencana keuangan yang sama, semakin besar peluang kita sukses baik secara finansial maupun dalam hubungan secara keseluruhan," kata konsultan keuangan, Carrie Casden.

Setelah melakukan pembicaraan pertama, rekomendasi umumnya adalah melakukan diskusi ini setiap bulan.

"Ini saat yang tepat untuk merekonsiliasi laporan bank, meninjau tagihan kartu kredit, memeriksa akun investasi, meninjau pendapatan dan pengeluaran, serta melihat potensi untuk menabung lebih banyak," terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.