Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 09:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah keuangan ternyata menjadi salah satu sumber pertengkaran suami istri. Masalah ini memang sensitif sehingga banyak pasangan yang cenderung menghindarinya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Fidelity Investments terhadap 3.426 orang, ditemukan bahwa sebagian besar dari mereka kesulitan berkomunikasi tentang keuangan bersama pasangan.

Jika kita terus-menerus mengalami kesulitan untuk mengomunikasikan topik ini, sebenarnya ini bisa menjadi bom waktu. Pasalnya, keuangan keluarga juga bisa berantakan dan mungkin mengganggu kesehatan hubungan dalam rumah tangga.

"Melakukan percakapan tentang uang secara baik dan teratur bersama pasangan dapat menjaga kita, serta memeriksa ulang tujuan tabungan kita."

Demikian penuturan wakil presiden perencanaan kehidupan di Fidelity Investments, Meredith Stoddard.

Baca juga: Agar Tak Canggung Membahas Masalah Keuangan dengan Pasangan

Seberapa sering mendiskusikan keuangan dengan pasangan

Apabila kita belum pernah mengobrol tentang keuangan dengan pasangan, para ahli sepakat bahwa semakin dini kita melakukannya, semakin baik.

"Semakin cepat pasangan dapat memahami rencana keuangan yang sama, semakin besar peluang kita sukses baik secara finansial maupun dalam hubungan secara keseluruhan," kata konsultan keuangan, Carrie Casden.

Setelah melakukan pembicaraan pertama, rekomendasi umumnya adalah melakukan diskusi ini setiap bulan.

"Ini saat yang tepat untuk merekonsiliasi laporan bank, meninjau tagihan kartu kredit, memeriksa akun investasi, meninjau pendapatan dan pengeluaran, serta melihat potensi untuk menabung lebih banyak," terangnya.

Akan tetapi, jika percakapan setiap bulan terasa terlalu sering, Stoddard menyarankan untuk dapat mempertimbangkan triwulanan sebagai pilihan.

Ingatlah juga untuk membicarakan uang ketika kita mencapai tonggak kehidupan besar seperti membeli rumah baru atau baru memiliki anak.

Baca juga: Adakah Jumlah Uang Ideal yang Sebaiknya Ditabung?

Ilustrasi simpanan, Tabungan adalah simpanan. Apa yang dimaksud dengan tabungan? Berikut penjelasan definisi tabungan atau pengertian tabungan.THINKSTOCKS Ilustrasi simpanan, Tabungan adalah simpanan. Apa yang dimaksud dengan tabungan? Berikut penjelasan definisi tabungan atau pengertian tabungan.

Nah, untuk memastikan apakah diskusi kita tentang keuangan bersama pasangan sudah efektif atau belum, para ahli memberikan beberapa tips komunikasi yang dilansir dari laman Well and Good berikut ini.

1. Tidak menghakimi

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang dibesarkan dalam kondisi keuangan yang stabil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com