Kompas.com - 05/08/2021, 09:25 WIB
Ilustrasi istirahat Todd WarnockIlustrasi istirahat

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 membawa tantangan tersendiri bagi banyak orang, terutama yang sudah bekerja, baik itu yang bekerja di sebuah perusahaan atau memiliki bisnis sendiri.

Apalagi, banyaknya perubahan di masa pandemi ini juga telah mendorong diri kita untuk beradaptasi dan juga lebih berhati-hati menjaga kesehatan. Kondisi ini bukan hanya melelahkan fisik tapi juga mental, sehingga kita malah jadi tidak produktif.

Untuk mendorong produktivitas, ternyata kita juga perlu melakukan kebiasaan "tidak produktif" yang berdampak untuk meningkatkan energi dan kreativitas. Apa sajakah?

Baca juga: 6 Komentar di Tempat Kerja yang Mengganggu Secara Psikologis

1. Tidur lebih banyak

Berapa lama kita harus tidur? Jumlah waktu sebenarnya tergantung pada kebutuhan tubuh masing-masing, tetapi tujuan kita adalah bangun dengan perasaan segar.

Saat tidur, tubuh kita akan melakukan pergantian sel dan perawatan penting yang diperlukan, otak kita memproses informasi, dan sistem saraf simpatik kita sedang bersantai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika kita mengurangi tidur, lambat laun dampaknya akan terasa. Yang paling nyata adalah kurang konsentrasi, lelah, dan daya tahan tubuh menurun. Jadi, jika kita memang suka begadang, mulailah membisakan diri untuk tidur lebih awal.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat WFH

2. Banyak istirahat

Sebuah penelitian di University of Illinois tahun 2011 menemukan bahwa fokus terlalu lama pada suatu tugas sebenarnya dapat menurunkan produktivitas.

Kita bisa melakukan sesuatu yang sederhana seperti berjalan cepat untuk dapat meningkatkan kreativitas dan energi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.