Kompas.com - 17/08/2021, 12:25 WIB
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2021).

KOMPAS.com - Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 2021 dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19.

Kondisi darurat ini mengharuskan sejumlah penyesuaian dalam pelaksanaan upacara termasuk menerapkan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, jumlah undangan yang hadir di Istana Merdeka sebagai lokasi upacara juga jauh lebih sedikit.

Sebenarnya, tahun ini bukan pertama kalinya kemerdekaan dirayakan dalam suasana pandemi. Tahun sebelumnya, Indonesia yang sedang berada di fase awal pandemi juga melaksanakan upacara tahunan ini dengan penuh kesederhanaan.

Oleh sebab itu, upacara tahun ini dinilai sedikit lebih istimewa karena ada beberapa alasan yakni:

  • Jumlah anggota paskibraka kembali menjadi 68 orang

Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Paskibraka yang akan bertugas pada 17 Agustus 2021.Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Jokowi mengukuhkan 68 anggota Paskibraka yang akan bertugas pada 17 Agustus 2021.
Sudah menjadi tradisi, setiap tahunnya ada 68 orang anggota paskibrakan yang bertugas mengibarkan bendera di upacara kemerdekaan.

Sayangnya, tahun lalu jumlahnya harus dipangkas hanya menjadi tiga orang karena alasan pandemi.

Kali ini, jumlahnya kembali seperti biasa menjadi 68 orang. Protokol ketat diterapkan untuk para anggotanya guna memastikan seluruhnya dalam keadaan sehat dan tidak terpapar virus.

Kelompok paskibraka pagi yang bertugas menaikkan bendera diberi nama Tim Indonesia Tangguh. Sedangkan tim upacara sore hari yang menurunkan bendera bernama Tim Indonesia Tumbuh, sesuai dengan tema perayaan tahun ini.

  • Kembalinya naskah teks proklamasi asli

Naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis tangan oleh Presiden Soekarno akan kembali dihadirkan dan disandingkan di mimbar kehormatan bersama bendera pusaka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.