Kompas.com - 24/08/2021, 08:19 WIB
Ilustrasi orang marah. SHUTTERSTOCKIlustrasi orang marah.

KOMPAS.com – Marah merupakan salah satu bentuk emosi yang alami dan normal pada manusia. Kemarahan muncul dalam bentuk rasa frustasi, kecewa, hingga dendam.

Hal-hal tersebut menjadi serius ketika kita kesulitan mengendalikan amarah tersebut. Selain merusak hubungan dengan orang lain, tidak bisa mengendalikan marah juga buruk bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 benar-benar membuktikan bahwa masalah kemarahan dapat menyebabkan risiko kesehatan yang signifikan seperti penyakit jantung koroner.

Ada 3 jenis masalah kemarahan: ke luar, ke dalam, dan pasif-agresif. Masing-masing memiliki sifat sendiri yang bisa halus, ekspresif, atau diarahkan pada diri sendiri.

Setiap orang berurusan dengan masalah kemarahan tanpa memandang jenis kelamin.

Kemarahan dapat membuat kita mengatakan dan melakukan hal-hal yang biasanya tidak kita lakukan, jadi mempelajari pemicunya dan mencari tahu cara mengelolanya tentu dapat sangat membantu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Kita Marah jika Nama Anak Dicontek Orang Lain?

 

Tanda kita memiliki masalah dalam mengendalikan kemarahan

Tanda dan gejala yang jelas seperti lekas marah, murka, dan frustrasi. Di bawah ini adalah beberapa tanda lain yang mungkin tidak dipikirkan banyak orang.

1. Peningkatan tekanan darah dan detak jantung

Ini adalah hasil dari respon fight or flight (melawan atau lari) ketika kemarahan terjadi. Respons ini meningkatkan detak jantung kita dan meningkatkan tekanan darah dari adrenalin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.