Kompas.com - 01/09/2021, 06:23 WIB
Ilustrasi rambut menipis yang memicu kebotakan. PIXABAY/KALHHIlustrasi rambut menipis yang memicu kebotakan.

KOMPAS.com - Tak berlebihan jika rambut sering disebut sebagai mahkota kita. Rambut yang indah dan sehat bisa menjadi daya tarik tersediri. 

Itu sebabnya rambut yang bermasalah sering membuat kita menjadi kurang percaya diri. Misalnya, rambut rontok dan pitak alias botak sebagian di kulit kepala.

Pitak pada kepala bisa dialami siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tak peduli tua ataupun muda.

Menurut dermatologis dari klinik ZAP, dr Eyleny Meisyah Fitri, SpKK, kepitakan pada kepala bisa disebabkan berbagai macam hal. Paling umum adalah akibat dari kerontokan rambut.

"Kondisi rambut yang terus menerus rontok karena stres berlebih sangat mungkin menyebabkan seseorang mengalami botak atau pitak," katanya dalam ZAP Premiere Virtual Media Meet Up, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: 6 Kesalahan Kecil yang Bisa Bikin Rambut Rontok

"Kecenderungan genetik atau faktor keturunan, bertambahnya usia, dan kebiasaan mencabuti rambut (trichotillomania) juga dapat menyebabkan seseorang mengalami pitak," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatasi masalah tersebut, Leny pun membagikan beberapa cara mengurangi risiko kepala pitak yang dapat mengurangi rasa percaya diri sebagai berikut ini.

1. Mengurangi stres

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa stres adalah penyebab utama dari kerontokan rambut yang bermanifestasi menjadi pitak di kepala.

Oleh sebab itu, mengurangi stres dapat sangat berpengaruh terhadap jumlah kerontokan rambut yang kita alami sehari-hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.