Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Percaya Diri karena Punya Pitak? Ketahui Solusinya

Kompas.com - 01/09/2021, 06:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak berlebihan jika rambut sering disebut sebagai mahkota kita. Rambut yang indah dan sehat bisa menjadi daya tarik tersediri. 

Itu sebabnya rambut yang bermasalah sering membuat kita menjadi kurang percaya diri. Misalnya, rambut rontok dan pitak alias botak sebagian di kulit kepala.

Pitak pada kepala bisa dialami siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tak peduli tua ataupun muda.

Menurut dermatologis dari klinik ZAP, dr Eyleny Meisyah Fitri, SpKK, kepitakan pada kepala bisa disebabkan berbagai macam hal. Paling umum adalah akibat dari kerontokan rambut.

"Kondisi rambut yang terus menerus rontok karena stres berlebih sangat mungkin menyebabkan seseorang mengalami botak atau pitak," katanya dalam ZAP Premiere Virtual Media Meet Up, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: 6 Kesalahan Kecil yang Bisa Bikin Rambut Rontok

"Kecenderungan genetik atau faktor keturunan, bertambahnya usia, dan kebiasaan mencabuti rambut (trichotillomania) juga dapat menyebabkan seseorang mengalami pitak," sambung dia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Leny pun membagikan beberapa cara mengurangi risiko kepala pitak yang dapat mengurangi rasa percaya diri sebagai berikut ini.

1. Mengurangi stres

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa stres adalah penyebab utama dari kerontokan rambut yang bermanifestasi menjadi pitak di kepala.

Oleh sebab itu, mengurangi stres dapat sangat berpengaruh terhadap jumlah kerontokan rambut yang kita alami sehari-hari.

"Kepala pitak sangat dipengaruhi stres psikologi dan oksidatif. Bahkan, semakin tua usia kita, maka akan semakin pendek fungsi anagennya dalam pertumbuhan rambut," terangnya.

Carilah hal-hal atau aktivitas menyenangkan yang dapat membantu kita menghindari rasa stres berlebihan dan tentunya yang menyebabkan kepala pitak akibat kerontokan rambut.

Baca juga: Mendadak Alami Ketombe? Awas, Bisa Jadi Penyebabnya Stres

2. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Meski faktor keturunan sangat berperan dalam masalah ini, namun kita tetap dapat mencoba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

"Faktor yang memengaruhi pertumbuhan rambut itu salah satunya adalah asupan nutrisi yang baik seperti mikronutrien biotin dan B12," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com