Kompas.com - 09/09/2021, 14:26 WIB
Ilustrasi makanan shutterstockIlustrasi makanan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Bukan hanya tidak sehat, lemak perut berlebih juga membuat penampilan tidak menarik.

Karena itulah, tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk menghilangkan lemak perutnya dengan berbagai cara, seperti olahraga dan diet.

Namun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan akumulasi lemak perut seperti kurang tidur, konsumsi soda, gangguan makan, dan banyak lagi.

Tetapi salah satu penyebab utama perut membuncit rupanya berkaitan dengan jenis makanan tertentu yang justru sangat digemari.

Menurut Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet terdaftar di Balance One, penyebab utama perut buncit adalah konsumsi makanan olahan, terutama camilan yang rasanya enak, seperti keripik kemasan, roti manis, dan lainnya.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita adalah apa yang kita makan. Makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita akan menjadi bagian sel. Nutrisi yang salah dapat menyebabkan gas, kembung, penambahan berat badan, dan hal negatif lainnya," ujar Trista Best.

Menurut Best, alasan mengapa makanan olahan dapat membuat lemak perut sulit hilang disebabkan karena sebagian besar makanan itu terbuat dari karbohidrat olahan dan gula.

Karbohidrat olahan ini tidak sama dengan karbohidrat yang kita temukan di makanan sehat, seperti buah-buahan.

Berbeda dengan karbohidrat dalam buah (karbohidrat utuh) yang diproses secara minimal dan mengandung serat alami, karbohidrat olahan diproses lebih lama, membuat serat alaminya hilang atau berubah.

Dengan kata lain, karbohidrat olahan cenderung memiliki sedikit atau tidak ada nilai gizi, serat, protein, atau lemak sehat yang dapat berkontribusi pada akumulasi lemak perut.

Baca juga: Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Olahan Bisa Sebabkan Kematian Dini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.