Kompas.com - 13/09/2021, 11:13 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor saat pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi bekerja di kantor saat pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan.

KOMPAS.com – Apakah kamu mudah terdistraksi saat bekerja? Misalnya, saat akan mulai bekerja, mendadak ada sebuah tautan video viral yang sedang viral, membuatmu memilih untuk menontonnya, bukan mulai bekerja.

Lalu, setelah selesai menonton dan niat bekerja kembali, kamu malah membuka media sosial dan mengecek email, hingga akhirnya benar-benar bekerja.

Saat benar-benar bekerja pun, seringkali kita sulit fokus dan malah mengerjakan hal lain d luar pekerjaan.

Mudah terdistraksi saat bekerja ternyata merupakan salah satu tanda orang yang cerdas. 

Baca juga: Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari agar Lebih Fokus

Dalam sebuah penelitian tahun 2016 silam, perusaahan peneliti tempat kerja Steelcase memantau kebiasaan lebih dari 10.000 pekerja di 17 negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, ditemukan bahwa semakin cerdas seseorang, semakin mudah pula ia terdistraksi dan bingung memprioritaskan semua ide yang ada dalam kepala mereka.

Lalu, hampir separuh dari pasrtisipan mengatakan bahwa mereka sulit berkonsentrasi di kantor.

Menurut Bostjan Ljubic, peneliti yang melakukan penelitian terssebut, perusahaan tentu selalu mencari pegawai yang terbaik. Namun, sulitnya melakukan berbagai pekerjaan dan distraksi di kantor tetap berdampak pada orang-orang cerdas, dan biasanya lebih parah.

“Cara kita bekerja berubah lebih cepat dari sebelumnya, dan otak mengalami tekanan dan gangguan yang dapat menyebabkan kelebihan beban," ujarnya.

Baca juga: Mitos Bekerja Remote yang Tidak Perlu Digubris

Orang-orang yang sangat cerdas biasanya sering memiliki ide cemerlang dan berusaha untuk mewujudkan ide tersebut. Hal inilah yang membuat mereka bisa berakhir frustasi dan terdistraksi.

Sebab, saat berurusan dengan semua yang terjadi di kepala, akan ada berbagai jenis suara tambahan yang mengganggu, seperti notifikasi pesan dan telepon.

Berhasil menghadapi dan menyelesaikan tugas meski sering mengalami distraksi seperti di atas membuktikan betapa cerdasnya seseorang. Mereka yang memiliki kekuatan otak yang terbatas mungkin tidak akan mampu melakukannya.

 

Baca juga: 4 Cara Bangkitkan Mood Kerja dengan Minum Kopi



Sumber yourtango
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.