Kompas.com - 19/09/2021, 09:08 WIB
Kerontokan rambut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kebotakan. FREEPIKKerontokan rambut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kebotakan.

KOMPAS.com - Kerontokan rambut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kebotakan. Jika terjadi berkepanjangan, kondisi ini tentunya dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Masalah rambut rontok bisa diatasi lewat berbagai cara, mulai dari penggunaan obat dan tonik bebas di pasaran, hingga perawatan klinik.

Tak semua kerontokan rambut berbahaya. Sebab, secara fisiologi rambut memang harus tanggal dan digantikan oleh rambut baru. Rambut rontok perlu menjadi perhatian ketika helai rambut rontok per hari sudah mencapai lebih dari 100 helai dan sudah sangat mengganggu keseharian.

Kompas.com sempat mencoba rangkaian perawatan rambut di Klinik ERHA Cimanuk Bandung pada pertengahan Agustus lalu. Perawatan rambut rontok diawali dengan pemeriksaan kondisi rambut dan kulit kepala oleh dokter, menentukan prosedur perawatan yang tepat, hingga mendapatkan resep produk perawatan untuk diberikan di rumah.

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Tanda Kebotakan pada Pria dan Wanita

Apa penyebab rambut rontok?

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok yang kita alami.

Ketika datang ke klinik, dokter akan menggunakan alat khusus untuk melakukan pemeriksaan terhadap helai rambut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sini, dokter akan menjelaskan secara rinci mengenai kondisi kerontokan rambut yang kita alami dan berdiskusi seputar gaya hidup sehari-hari yang mungkin jadi penyebab rambut rontok.

Pasien melakukan pemeriksaan helai rambut menggunakan alat khusus sebelum menjalani perawatan rambut rontok di Erha.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Pasien melakukan pemeriksaan helai rambut menggunakan alat khusus sebelum menjalani perawatan rambut rontok di Erha.
Bagi orang-orang yang mengalami rontok parah dan merasa helai rambutnya seperti tidak tumbuh, jangan khawatir. Pada pemeriksaan ini kita bisa melihat apakah ada helai-helai rambut tipis yang bakal tumbuh menjadi rambut baru.

Faktanya, hampir semua kasus kerontokan rambut dapat diupayakan untuk diatasi. Perbedaannya hanyalah dari bentuk perawatan yang akan disarankan.

Sebelum menjalani perawatan rambut rontok di Erha, pasien terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Sebelum menjalani perawatan rambut rontok di Erha, pasien terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Dr Deis Hikmawati, SpKK, Mkes menjelaskan, salah satu kategori kerontokan rambut adalah alopecia non-sikatrical. Ini adalah kerontokan rambut yang masih berpeluang untuk tumbuh kembali. Beberapa contohnya adalah Contohnya telogen effluvium (TE), androgenetic alopecia (AGA), dan alopecia areata (AA). Traksi alopecia (disebabkan oleh peranikan rambut) dan trikotilomania (penabutan rambut kompulsif) juga masuk ke dalam kelompok ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.