Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2021, 23:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Makan sebelum tidur memang bisa mengakibatkan penambahan berat badan dan menaikkan asam lambung yang membuat rasa tidak nyaman pada perut.

Tapi, tak disangka, makan sebelum tidur juga ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, tergantung jenis makanan dan jarak makan kita dengan waktu tidur.

"Nutrisi yang kita makan memengaruhi hampir setiap area kesehatan, termasuk kualitas tidur kita," kata ahli gizi, Trista Best, MPH, RD, LD.

Baca juga: Makan Malam untuk Diet, Sebaiknya Jam Berapa?

Dia juga merekomendasikan agar kita makan setidaknya beberapa jam sebelum tidur untuk menghindari ketidaknyamanan pada sistem pencernaan dan memastikan istirahat malam yang baik.

Nah, untuk mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh dari makan sebelum tidur, simak poin-poin berikut ini.

1. Bantu mengatur gula darah

Menurut Amy Goodson, MS, RD, CSSD, penulis LD dari The Sports Nutrition Playbook, makan sebelum tidur sebenarnya dapat membantu mengatur gula darah.

"Bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2, camilan malam hari yang mengandung serat dan protein dapat membantu mengatur gula darah kita dalam semalam," ujar dia.

"Makanan berprotein juga bekerja untuk membantu menjaga dan mengatur gula darah kita lebih stabil hingga pagi hari," lanjut dia.

2. Tidak akan kelaparan

Ya, yang satu ini mungkin terlihat cukup jelas. Jika kita makan sebelum tidur, maka kita tidak akan kelaparan di malam hari.

Mengingat, tidur dalam keadaan lapar atau dengan perut kosong sebenarnya dapat membuat kita lebih sulit untuk tertidur.

Baca juga: 4 Kebiasaan Makan Malam yang Berdampak Buruk pada Lingkar Pinggang

"Bagi yang sulit tidur, camilan kaya protein bisa membantu kita merasa lebih kenyang," kata Goodson,

"Jadi, kita bisa mencoba untuk mengonsumsi protein sebelum tidur seperti keju, sesendok selai kacang, atau segelas susu untuk melihat apakah itu membantu," ujar dia.

3. Bikin tertidur lebih cepat

Kabar baiknya adalah bahwa ada makanan tertentu yang dapat membuat kita dapat tertidur dengan lebih cepat dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Menurut Best, makanan seperti almond, kenari, dan pisang kaya akan melatonin yang merupakan hormon alami untuk membantu kita tidur.

Ahli gizi, Sylvia Melendez-Klinger, RD juga menyarankan untuk makan almond atau kenari yang mengandung magnesium dan zinc untuk membantu kita mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Baca juga: Mengapa Melewatkan Makan Malam Bikin Gemuk?

Namun, Best memperingatkan, saat ngemil sebelum tidur, kita harus menjauhi makanan seperti karbohidrat olahan atau sederhana.

"Karbohidrat sederhana mengurangi serotonin di otak, yang merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab untuk mendorong tidur," kata Best.

"Jadi, makanan seperti kue kering, biskuit, keripik, dan pasta harus dihindari menjelang waktu tidur," imbuh dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com