Kompas.com - 29/09/2021, 09:51 WIB
Ilustrasi es kopi susu kemasan botol Dok. ShutterstockIlustrasi es kopi susu kemasan botol

KOMPAS.com - Peningkatan berat badan bisa disebabkan oleh kebiasaan sepele yang tidak sehat, tapi dilakukan setiap hari.

Apabila kita sudah berolahraga teratur, memerhatikan asupan makanan dengan baik, dan menjalani pola hidup sehat lain namun berat badan masih bertambah, bisa jadi ada sesuatu yang kita lewatkan.

Meminum kopi dengan tambahan gula secara rutin --misalnya, mampu memicu kenaikan berat badan.

Di bawah ini terdapat beberapa kebiasaan mengonsumsi kopi yang berpotensi menambah berat badan kita. Cek apakah kita juga melakukannya?

Baca juga: 4 Kesalahan Minum Kopi yang Perlu Dihindari

1. Selalu harus manis

Salah satu kebiasaan yang sulit dihentikan dalam meminum kopi adalah menambahkan banyak pemanis dan sirup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Vanilla latte, mocha, dan minuman kopi lainnya mengandung banyak gula tambahan," kata ahli diet berlisensi, Diana Gariglio-Clelland RD, BSc.

Gula tambahan menyumbang kalori 'kosong' yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, serta mengganggu keseimbangan gula darah yang memicu keinginan mengonsumsi gula.

Dewan ahli medis dan penulis buku "Slimdown with Smoothies, Laura Burak, MS, RD menerangkan, tambahan gula pada kopi adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan berat badan naik secara tak terduga.

"Banyak orang lebih suka rasa manis daripada pahitnya kopi, jadi mereka menambahkan gula, terkadang sampai mengubah rasa kopi," ucap Burak.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.