Kompas.com - 19/10/2021, 15:39 WIB
Alasan melamar pekerjaan sering kali menjadi pertanyaan ketika kita menjalani wawancara kerja. SHUTTERSTOCKAlasan melamar pekerjaan sering kali menjadi pertanyaan ketika kita menjalani wawancara kerja.

KOMPAS.com - Alasan melamar pekerjaan sering kali menjadi pertanyaan ketika kita menjalani wawancara kerja.

Jawaban atas pertanyaan alasan melamar pekerjaan bisa sangat luas dan jawaban yang baik bisa meningkatkan peluang kita untuk diterima di perusahaan tersebut.

Ketika mendapatkan pertanyaan ini pada sesi wawancara kerja, kita mungkin berpikir bahwa pewawancara ingin mengetahui apa yang kita ingin lakukan untuk pekerjaan selanjutnya.

Anggapan ini tidak salah. Sebab, perusahaan tentu ingin memastikan apakah tujuan karir kita selaras dengan kebutuhan mereka.

Namun, pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan sebetulnya juga mengukur seberapa banyak kita mengetahui informasi tentang perusahaan yang dilamar, misinya, dan bagaimana perusahaan itu beroperasi.

Menurut The Balance Careers, alasan melamar pekerjaan sebetulnya merupakan bentuk pertanyaan berbeda dari "mengapa Anda ingin bekerja di sini?".

Pewawancara ingin tahu apakah kita sudah berinisiatif untuk mempelajari perusahaan dan memikirkan apa yang membuat kita tertarik bekerja untuk mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan

Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang dapat diterapkan:

1. Pelajari tentang perusahaan

Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita riset terlebih dahulu setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.PEXELS/ANNA SHVETS Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita riset terlebih dahulu setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.
Pewawancara ingin kita menanggapi dengan pernyataan yang menunjukkan bahwa kita sudah melakukan riset sebelumnya tentang perusahaan mereka.

Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita mengetahui setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.