Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 24/01/2023, 12:45 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Alasan melamar pekerjaan sering kali menjadi pertanyaan ketika kita menjalani wawancara kerja.

Jawaban atas pertanyaan alasan melamar pekerjaan bisa sangat luas dan jawaban yang baik bisa meningkatkan peluang kita untuk diterima di perusahaan tersebut.

Ketika mendapatkan pertanyaan ini pada sesi wawancara kerja, kita mungkin berpikir bahwa pewawancara ingin mengetahui apa yang kita ingin lakukan untuk pekerjaan selanjutnya.

Anggapan ini tidak salah. Sebab, perusahaan tentu ingin memastikan apakah tujuan karir kita selaras dengan kebutuhan mereka.

Namun, pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan sebetulnya juga mengukur seberapa banyak kita mengetahui informasi tentang perusahaan yang dilamar, misinya, dan bagaimana perusahaan itu beroperasi.

Menurut The Balance Careers, alasan melamar pekerjaan sebetulnya merupakan bentuk pertanyaan berbeda dari "mengapa Anda ingin bekerja di sini?".

Pewawancara ingin tahu apakah kita sudah berinisiatif untuk mempelajari perusahaan dan memikirkan apa yang membuat kita tertarik bekerja untuk mereka.

Tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan

Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang dapat diterapkan:

1. Pelajari tentang perusahaan

Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita riset terlebih dahulu setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.PEXELS/ANNA SHVETS Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita riset terlebih dahulu setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.
Pewawancara ingin kita menanggapi dengan pernyataan yang menunjukkan bahwa kita sudah melakukan riset sebelumnya tentang perusahaan mereka.

Ketika menjawab alasan melamar pekerjaan, pastikan kita mengetahui setidaknya informasi dasar tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang akan dilamar.

Kita juga mungkin perlu membaca beberapa artikel baru tentang perusahaan tersebut untuk memahami tujuan dan proyek yang sedang berlangsung di sana.

Selain itu, pastikan pula membaca ulang lowongan pekerjaan yang dilamar.

Jadi, ketika menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan, kita bisa menyebutkan aspek-aspek perusahaan secara spesifik dan posisi yang menarik bagi kita.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Jawab Pertanyaan Gaji dalam Wawancara Kerja

2. Jelaskan mengapa cocok untuk posisi tersebut

Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan adalah menjelaskan mengapa kita cocok dengan pekerjaan yang dilamar.FREEPIK/YANALYA Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan adalah menjelaskan mengapa kita cocok dengan pekerjaan yang dilamar.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan tentang alasan melamar pekerjaan adalah menjelaskan mengapa kita cocok dengan pekerjaan yang dilamar.

Untuk mempersiapkan jawabannya, buatlah daftar syarat pekerjaan yang ada dalam lowongan pekerjaan, kemudian catat persyaratan mana yang sesuai dengan pengalaman dan keahlian kita.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com