Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 13:01 WIB
Intan Pitaloka,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Mencegah gigi berlubang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti rutin menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Sayangnya, rutin melakukan kebiasaan baik itu saja tidak cukup. Kita juga perlu memastikan bahwa kebiasaan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut yang kita lakukan sudah tepat.

Ketika memiliki masalah gigi berlubang, penting juga untuk mengetahui penyebab gigi berlubang yang dialami sehingga dapat menemukan solusinya.

Penyebab gigi berlubang

Dokter gigi David Mitola, DDS, menyebutkan beberapa penyebab gigi berlubang yang bisa terjadi, sekalipun seseorang sudah rajin menyikat gigi, antara lain:

1. Genetika 

Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.PEXELS/KETUT SUBIYANTO Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.
Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.

Menurut Mitola, ini bisa berkaitan dengan masalah gigi lainnya, seperti pembentukan email gigi, produksi air liur, atau bahkan respons imun.

Genetika juga dapat menentukan jenis bakteri yang hidup di mulut yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap gigi berlubang dan penyakit gusi.

"Peran genetika dalam penyakit gigi tidak sepenuhnya dipahami dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memprediksi pencegahan dan pengobatan dengan lebih baik," kata Dr. Mitola.

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Gigi, Gampang Dipraktikkan

2. Resesi gusi

Resesi gusi bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gigi palsu.UNSPLASH Resesi gusi bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gigi palsu.
Jika pernah memerhatikan garis gusi tiba-tiba semakin rendah, itu adalah masalah gigi dan mulut yang disebut resesi gusi. Resesi gusi adalah kondisi yang terjadi ketika bagian gusi di bawah lapisan email surut dan mengekspos permukaan akar.

Kondisi ini pada akhirnya juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Sebab, permukaan akar gigi kita akan menjadi lebih tipis dan mengandung lebih sedikit kandungan mineral dibandingkan email, sehingga lebih rentan terhadap pembentukan gigi berlubang.

Faktor-faktor seperti penyakit periodontal, gigi palsu yang tidak pas dan penggunaan tembakau, dapat meningkatkan kemungkinan resesi gusi.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari

3. Sering menggertakkan gigi

Sering menggertakkan gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.SHUTTERSTOCK Sering menggertakkan gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.
Menggertakkan gigi, juga dikenal sebagai bruxism, adalah kebiasaan umum yang dapat menghambat kesehatan mulut kita. Sering menggertakkan gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

Mitola menjelaskan, tekanan yang diberikan pada gigi saat menggertakkannya dapat menyebabkan patah pada tambalan yang ada dan pada gigi itu sendiri. Hal itu membuat gigi lebih rentan terhadap pembentukan lubang.

Menggertakkan gigi juga bisa menyebabkan resesi gusi, yang pada akhirnya semakin meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gigi berlubang.

"Penggunaan pelindung gigi pada malam hari yang dipakai saat tidur bisa menjadi cara efektif untuk meminimalkan efek negatif dari menggertakkan gigi," kata Dr. Mitola.

Baca juga: Sering Menggertakkan Gigi Saat Tidur, Apa Sebabnya?

Halaman:
Sumber Livestrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com