Kompas.com - 20/10/2021, 13:01 WIB
Ada berbagai penyebab penyakit gigi berlubang, termasuk genetika dan pola hidup. Mengetahui penyebabnya bisa membantu kita mencari solusi gigi berlubang yang tepat. FREEPIK/STOKKINGAda berbagai penyebab penyakit gigi berlubang, termasuk genetika dan pola hidup. Mengetahui penyebabnya bisa membantu kita mencari solusi gigi berlubang yang tepat.

KOMPAS.com - Mencegah gigi berlubang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti rutin menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Sayangnya, rutin melakukan kebiasaan baik itu saja tidak cukup. Kita juga perlu memastikan bahwa kebiasaan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut yang kita lakukan sudah tepat.

Ketika memiliki masalah gigi berlubang, penting juga untuk mengetahui penyebab gigi berlubang yang dialami sehingga dapat menemukan solusinya.

Penyebab gigi berlubang

Dokter gigi David Mitola, DDS, menyebutkan beberapa penyebab gigi berlubang yang bisa terjadi, sekalipun seseorang sudah rajin menyikat gigi, antara lain:

1. Genetika 

Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.PEXELS/KETUT SUBIYANTO Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.
Selain faktor kebersihan mulut dan makanan yang dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa genetika juga dapat berperan sebagai penyebab gigi berlubang.

Menurut Mitola, ini bisa berkaitan dengan masalah gigi lainnya, seperti pembentukan email gigi, produksi air liur, atau bahkan respons imun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Genetika juga dapat menentukan jenis bakteri yang hidup di mulut yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap gigi berlubang dan penyakit gusi.

"Peran genetika dalam penyakit gigi tidak sepenuhnya dipahami dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memprediksi pencegahan dan pengobatan dengan lebih baik," kata Dr. Mitola.

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Gigi, Gampang Dipraktikkan

2. Resesi gusi

Resesi gusi bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gigi palsu.UNSPLASH Resesi gusi bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gigi palsu.
Jika pernah memerhatikan garis gusi tiba-tiba semakin rendah, itu adalah masalah gigi dan mulut yang disebut resesi gusi. Resesi gusi adalah kondisi yang terjadi ketika bagian gusi di bawah lapisan email surut dan mengekspos permukaan akar.

Kondisi ini pada akhirnya juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Sebab, permukaan akar gigi kita akan menjadi lebih tipis dan mengandung lebih sedikit kandungan mineral dibandingkan email, sehingga lebih rentan terhadap pembentukan gigi berlubang.

Halaman:


Sumber Livestrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.