Kompas.com - 21/10/2021, 05:16 WIB
Tak hanya kulit wajah, kulit tangan juga memerlukan perawatan. Kulit tangan yang tak terawat bisa lebih cepat menunjukkan tanda penuaan, sehingga terlihat lebih tua. Unsplash/Sindy SussengutTak hanya kulit wajah, kulit tangan juga memerlukan perawatan. Kulit tangan yang tak terawat bisa lebih cepat menunjukkan tanda penuaan, sehingga terlihat lebih tua.

KOMPAS.com - Tak hanya kulit wajah, kulit tangan juga memerlukan perawatan. Kulit tangan yang tak terawat bisa lebih cepat menunjukkan tanda penuaan, sehingga terlihat lebih tua.

"Langkah anti-penuaan tangan harus dimulai sejak dini karena wajah dan tangan adalah area tubuh yang paling terpapar sinar matahari dan lingkungan," kata dokter spesialis kulit, Cheryl Burgess.

Perawatan anti-penuaan tangan bisa dilakukan dengan gel-gel yang dijual secara bebas, sama seperti untuk wajah kita.

Tetapi, beberapa orang mengambil tindakan yang lebih drastis dan beralih ke prosedur kosmetik, yang dapat membuat tangan mereka tampak lebih muda, seperti melakukan operasi pengangkatan kulit tangan alias peremajaan tangan (hand lift).

"Sama seperti pada wajah, kita juga dapat melakukan perbaikan yang sama pada tangan," kata dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit Mount Sinai, Joshua Zeichner.

Baca juga: 17 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kita Lebih Awet Muda

Penyebab penuaan pada kulit tangan

Kulit tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan. Penggunaan pelembap bisa mengurangi risiko kerusakan.PEXELS/SHINY DIAMOND Kulit tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan. Penggunaan pelembap bisa mengurangi risiko kerusakan.
Tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter spesialis kulit dan profesor di Loma Linda University, Janiene Luke menjelaskan bahwa ketika produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia, tangan bisa menjadi lebih tipis, sehingga membuat vena dan tendon di bawahnya lebih terlihat.

Kita juga bisa kehilangan lemak dan jaringan subkutan, sedangkan otot kecil yang ada di tangan bisa rentan mengalami atrofi.

"Kerusakan akibat sinar matahari dapat menjadi kumulatif dari waktu ke waktu, menyebabkan bintik-bintik matahari menjadi lebih menonjol. Beberapa orang memiliki kecenderungan mengalami pertumbuhan jinak kecil di tangan," terangnya.

Baca juga: Perhatikan, Tips Mencegah Kulit Tangan Tampak Keriput

Siapa yang memerlukan hand lift?

Bekerja dari rumah membuat banyak orang lebih banyak memperlihatkan tangan di depan kamera. Bagi mereka, hand lift mungkin diperlukan.FREEPIK/MARY MARKEVICH Bekerja dari rumah membuat banyak orang lebih banyak memperlihatkan tangan di depan kamera. Bagi mereka, hand lift mungkin diperlukan.

Halaman:


Sumber Huff Post
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.