Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2021, 05:16 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Huff Post

KOMPAS.com - Tak hanya kulit wajah, kulit tangan juga memerlukan perawatan. Kulit tangan yang tak terawat bisa lebih cepat menunjukkan tanda penuaan, sehingga terlihat lebih tua.

"Langkah anti-penuaan tangan harus dimulai sejak dini karena wajah dan tangan adalah area tubuh yang paling terpapar sinar matahari dan lingkungan," kata dokter spesialis kulit, Cheryl Burgess.

Perawatan anti-penuaan tangan bisa dilakukan dengan gel-gel yang dijual secara bebas, sama seperti untuk wajah kita.

Tetapi, beberapa orang mengambil tindakan yang lebih drastis dan beralih ke prosedur kosmetik, yang dapat membuat tangan mereka tampak lebih muda, seperti melakukan operasi pengangkatan kulit tangan alias peremajaan tangan (hand lift).

"Sama seperti pada wajah, kita juga dapat melakukan perbaikan yang sama pada tangan," kata dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit Mount Sinai, Joshua Zeichner.

Baca juga: 17 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kita Lebih Awet Muda

Penyebab penuaan pada kulit tangan

Kulit tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan. Penggunaan pelembap bisa mengurangi risiko kerusakan.PEXELS/SHINY DIAMOND Kulit tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan. Penggunaan pelembap bisa mengurangi risiko kerusakan.
Tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan.

Dokter spesialis kulit dan profesor di Loma Linda University, Janiene Luke menjelaskan bahwa ketika produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia, tangan bisa menjadi lebih tipis, sehingga membuat vena dan tendon di bawahnya lebih terlihat.

Kita juga bisa kehilangan lemak dan jaringan subkutan, sedangkan otot kecil yang ada di tangan bisa rentan mengalami atrofi.

"Kerusakan akibat sinar matahari dapat menjadi kumulatif dari waktu ke waktu, menyebabkan bintik-bintik matahari menjadi lebih menonjol. Beberapa orang memiliki kecenderungan mengalami pertumbuhan jinak kecil di tangan," terangnya.

Baca juga: Perhatikan, Tips Mencegah Kulit Tangan Tampak Keriput

Siapa yang memerlukan hand lift?

Bekerja dari rumah membuat banyak orang lebih banyak memperlihatkan tangan di depan kamera. Bagi mereka, hand lift mungkin diperlukan.FREEPIK/MARY MARKEVICH Bekerja dari rumah membuat banyak orang lebih banyak memperlihatkan tangan di depan kamera. Bagi mereka, hand lift mungkin diperlukan.

Hand lift menargetkan punggung tangan, bukan telapak tangan atau jari.

"Kandidat yang baik untuk perawatan ini mungkin adalah orang-orang yang kulit tangannya sudah sangat tipis serta tulang dan pembuluh darahnya menonjol," kata dokter spesialis kulit, Arianne Shadi Kourosh.

Sementara itu, dokter spesialis kulit, DiAnne Davis mengatakan bahwa semakin banyak pasien yang juga telah mencari perawatan untuk kulit tangan mereka.

"Mengingat banyak orang lebih sering bekerja dari rumah akhir-akhir ini, tangan mereka lebih terlihat di layar komputer dan tablet, terutama jika mereka menggunakannya saat berbicara," ungkapnya.

Baca juga: Penyebab Kulit Tangan Terlihat Kering dan Tua

Biaya hand lift

Menurut ahli bedah plastik wajah Michael Somenek, perawatan ini menelan biaya antara 2.000-4.000 dollar AS atau sekitar Rp 28-56 juta, tergantung pada prosedur dilakukan dan volume filler yang digunakan.PIXABAY/CKSTOCKPHOTO Menurut ahli bedah plastik wajah Michael Somenek, perawatan ini menelan biaya antara 2.000-4.000 dollar AS atau sekitar Rp 28-56 juta, tergantung pada prosedur dilakukan dan volume filler yang digunakan.
Berbeda dengan face lift, prosedur untuk melakukan hand lift biasanya tidak pernah memerlukan pembedahan dan kulit tidak dipotong. Bahkan, tidak ada yang diangkat sama sekali.

Halaman:
Sumber Huff Post
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com