Kompas.com - 21/10/2021, 10:25 WIB
Ilustrasi Halloween ShutterstockIlustrasi Halloween

KOMPAS.com – Setiap tanggal 31 Oktober berbagai orang di belahan dunia biasa merayakan Halloween, hari yang identik dengan horor dan hal menakutkan.

Biasanya, orang-orang akan menggunakan kostum hantu, sementara anak-anak akan melakukan tradisi trick or treat, di mana mereka berkeliling ke tetangga untuk meminta permen.

Ada berbagai versi sejarah Halloween, namun perayaan festival ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Salah satu versi menyebut, Halloween atau All Hallows’ Eve, merupakan malam yang terjadi sebelum hari All Saints (atau All Hallows).

Perayaan tersebut merupakan tanda hari dari pesta Kristen Barat All Saints untuk memulai musim Allhallowtide yang berlangsung selama tiga hari. Kendati demikian, di beberapa area di Eropa dan Amerika Utara, Halloween tidak dianggap sebagai sesuatu yang religius.

Baca juga: 8 Ide Kostum Halloween Khas Drakor Favorit, Mau Tiru?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Britannica, Halloween sendri bermula dari festival Samhain yang biasa dirayakan oleh bangsa Celtic di Inggris kuno dan Irlandia pada 1 November.

Tanggal tersebut dianggap orang-orang sebagai awal periode musim dingin, tanggal kembalinya ternak dari padang rumput, dan kepemilkian tanah yang diperbarui.

Lalu selama festival Samhain berjalan, arwah orang-orang yang telah meninggal diyakini akan kembali mengunjungi rumah mereka. Selain itu, mereka yang telah meninggal pada tahun itu juga diyakini melakukan perjalanan ke dunia lain.

Di festival Samhain, orang-orang biasa menyalakan api unggun di puncak bukit guna menyalakan kembali api perapian mereka di musim dingin, sekaligus untuk menakuti roh jahat.

Terkadang, mereka juga mengenakan topeng dan penyamaran lain agar hantu-hantu tidak mengenali mereka.

Halaman:


Sumber Britannica
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.