Kompas.com - 21/10/2021, 11:18 WIB
Berkonsultasilah dengan dokter jika masalah perut kembung sudah mengganggu aktivitas harian atau disertai gejala serius lain dan sejumlah cara mengatasi perut kembung tidak cukup membantu. SHUTTERSTOCKBerkonsultasilah dengan dokter jika masalah perut kembung sudah mengganggu aktivitas harian atau disertai gejala serius lain dan sejumlah cara mengatasi perut kembung tidak cukup membantu.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kembung adalah permasalah umum, sebanyak 25 persen orang mengalaminya dari waktu ke waktu. 

"Meskipun kembung biasa terjadi, namun ini menandakan bahwa sesuatu yang tidak biasa terjadi di saluran pencernaan kita," kata Brooks Cash, MD, profesor gastroenterologi di University of Texas McGovern Medical School.

Misalnya, kebiasaan gaya hidup mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

"Makan cepat, mengunyah permen karet, menggunakan sedotan, dan merokok, semua yang berhubungan dengan menelan udara dapat menyebabkan kembung," kata Dr. Cash.

Apa yang kita makan pun bisa menjadi penyebab potensial lain dari kembung, karena beberapa orang mengaku kembung setelah makan makanan yang mengandung laktosa, sukrosa, pati, serat, atau pemanis berlebihan.

Bagi yang lain, kembung bisa menjadi tanda gangguan pencernaan termasuk penyakit celiac, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Kembung begitu meluas, sehingga para profesional juga mengalaminya. Nah, melansir Live Strong, berikut ini adalah cara mengatasi perut kembung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bergerak

"Aktivitas fisik dapat membuat perut kembung kita membaik," kata Dr. Cash.

Dia merekomendasikan untuk memulai dengan berjalan perlahan selama 15 hingga 30 menit untuk melihat bagaimana rasanya perut kita.

Halaman:


Sumber Livestrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.