Kompas.com - 25/10/2021, 11:01 WIB
Mengetahui berapa kadar gula darah normal penting bagi penderita diabetes untuk mencegah komplikasi. Sementara pada orang tanpa diabetes penting untuk mengukur risiko diabetes. SHUTTERSTOCKMengetahui berapa kadar gula darah normal penting bagi penderita diabetes untuk mencegah komplikasi. Sementara pada orang tanpa diabetes penting untuk mengukur risiko diabetes.

KOMPAS.com - Mengetahui berapa kadar gula darah normal penting bagi penderita diabetes untuk mencegah komplikasi. Namun, orang-orang tanpa diabetes juga perlu mengetahui kadar gula darah untuk mengukur risiko diabetes.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan pemantauan kadar gula darah untuk membantu individu menjaga angkanya tetap dalam kisaran sehat.

Ada dua cara utama untuk mengetahui berapa kadar gula darah, yakni tes glukosa dan tes A1C.

Tes glukosa darah adalah pengukuran menggunakan tusukan jari atau monitor glukosa berkelanjutan dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Sedangkan tes A1C adalah tes darah yang dilakukan oleh dokter, yang menggambarkan kadar gula darah rata-rata selama tiga bulan terakhir.

Baca juga: 4 Rekomendasi Diet untuk Penderita Diabetes

Berapa kadar gula darah normal?

Mengetahui berapa gula darah normal dan mengukur angka gula darah sendiri dapat membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.SHUTTERSTOCK Mengetahui berapa gula darah normal dan mengukur angka gula darah sendiri dapat membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.
Kita sudah memahami bahwa kisaran gula darah normal membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, berapa kadar gula darah normal?

Kadar gula darah bisa berubah sepanjang hari. Menurut Medical News Today, biasanya, kadar gula darah berada pada titik terendah di pagi hari atau setelah periode puasa ketika kita tidur.

Kadar gula darah meningkat selama dan setelah makan, karena tubuh mencerna makanan.

Berikut daftar kadar gula darah normal yang dapat dijadikan pedoman:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.