Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 11:01 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengetahui berapa kadar gula darah normal penting bagi penderita diabetes untuk mencegah komplikasi. Namun, orang-orang tanpa diabetes juga perlu mengetahui kadar gula darah untuk mengukur risiko diabetes.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan pemantauan kadar gula darah untuk membantu individu menjaga angkanya tetap dalam kisaran sehat.

Ada dua cara utama untuk mengetahui berapa kadar gula darah, yakni tes glukosa dan tes A1C.

Tes glukosa darah adalah pengukuran menggunakan tusukan jari atau monitor glukosa berkelanjutan dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Sedangkan tes A1C adalah tes darah yang dilakukan oleh dokter, yang menggambarkan kadar gula darah rata-rata selama tiga bulan terakhir.

Baca juga: 4 Rekomendasi Diet untuk Penderita Diabetes

Berapa kadar gula darah normal?

Mengetahui berapa gula darah normal dan mengukur angka gula darah sendiri dapat membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.SHUTTERSTOCK Mengetahui berapa gula darah normal dan mengukur angka gula darah sendiri dapat membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.
Kita sudah memahami bahwa kisaran gula darah normal membantu kita mencegah komplikasi diabetes jangka panjang atau membantu menurunkan risikonya bagi orang tanpa diabetes.

Lalu, berapa kadar gula darah normal?

Kadar gula darah bisa berubah sepanjang hari. Menurut Medical News Today, biasanya, kadar gula darah berada pada titik terendah di pagi hari atau setelah periode puasa ketika kita tidur.

Kadar gula darah meningkat selama dan setelah makan, karena tubuh mencerna makanan.

Berikut daftar kadar gula darah normal yang dapat dijadikan pedoman:

  • Sebelum makan atau ketika puasa

Target kadar gula darah pada orang tanpa diabetes 72-99 mg/dL, sementara target kadar gula darah pada orang dengan diabetes 80-130 mg/dL.

  • Dua jam setelah mulai makan

Target kadar gula darah pada orang tanpa diabetes kurang dari 140 mg/dL, sementara target kadar gula darah pada orang dengan diabetes kurang dari 180 mg/dL.

  • Hasil A1C

Target kadar gula darah pada orang tanpa diabetes kurang dari 5,7 persen, sementara target kadar gula darah pada orang dengan diabetes kurang dari 7 persen.

Kadar gula darah tidak normal terjadi ketika ada terlalu banyak atau sedikit gula dalam darah.

Kisaran gula darah rendah atau hipoglikemia adalah 70 mg/dL atau kurang, sedangkan kisaran gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah lebih dari 180 mg/dL.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com