Kompas.com - 26/10/2021, 13:01 WIB
Mengetahui berapa kadar asam urat normal adalah hal penting. Sebab, kadar asam urat di atas atau di bawah kisaran sehat dapat menimbulkan risiko kesehatan. SHUTTERSTOCK/THAMKCMengetahui berapa kadar asam urat normal adalah hal penting. Sebab, kadar asam urat di atas atau di bawah kisaran sehat dapat menimbulkan risiko kesehatan.

KOMPAS.com - Mengetahui berapa kadar asam urat normal adalah hal penting. Sebab, kadar asam urat di atas atau di bawah kisaran sehat dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Menurut Medical News Today, memiliki asam urat dalam darah adalah hal normal. Namun, jika kadar asam urat lebih tinggi, artinya seseorang lebih berisiko mengalami penyakit asam urat.

Kadar asam urat yang rendah bukan hal yang biasa terjadi, tapi bukan tidak mungkin. Ini mungkin terjadi ketika seseorang mengeluarkan terlalu banyak asam urat dari tubuhnya sebagai limbah.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Berapa kadar asam urat normal?

Berapa kadar asam urat normal? Pria 2,5-7,0 mg/dL, sementara wanita 1,5-6,0 mg/dL.SHUTTERSTOCK/HARUN ONTAKRAI Berapa kadar asam urat normal? Pria 2,5-7,0 mg/dL, sementara wanita 1,5-6,0 mg/dL.
Pemeriksaan asam urat bukanlah tes darah rutin. Namun, menurut WebMD, jika memiliki masalah kesehatan yang dapat menyebabkan atau disebabkan oleh asam urat tinggi, penting untuk melakukan pemeriksaan ini.

Begitu pula jika merasakan gejala asam urat. Individu mungkin membutuhkan pemeriksaan untuk memastikan berapa kadar asam urat dalam darah.

Untuk menjawab berapa kadar asam urat normal, berikut informasi yang dapat menjadi pedoman:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Tingkat asam urat rendah

Pria di bawah 2,5 mg/dL, sementara wanita di bawah 1,5 mg/dL.

  • Tingkat asam urat normal

Pria 2,5-7,0 mg/dL, sementara wanita 1,5-6,0 mg/dL.

  • Tingkat asam urat tinggi

Pria di atas 7,0 mg/dL, sementara wanita di atas 6,0 mg/dL.

Asam urat tinggi atau rendah tidak selalu memiliki gejala. Gejala asam urat mungkin tidak muncul sampai individu tersebut memiliki kadar asam urat di luar kisaran normal untuk waktu yang lama, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.