Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2021, 20:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik kulit sensitif yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia rentan mengalami sejumlah masalah wajah.

Paparan sinar matahari sepanjang hari dan cuaca dengan kelembaban tinggi rentan mengganggu kesehatan kulit wajah. Semakin buruk apabila kita memiliki jenis kulit sensitif yang butuh perawatan ekstra.

Jerawat, kulit menggelap, kemerahan, kusam dan pigmentasi merupakan beberapa keluhan yang kerap dialami. Hal ini karena keseimbangan microbiome di kulit lebih berisiko terganggu khususnya karena faktor cuaca dan iklim.

Dr. dr. Windy Keumala, SpKK(K), spesialis kulit dari Universitas Indonesia menjelaskan kulit merupakan rumah bagi berbagai macam mikrobiota seperti bakteri, virus, jamur dan parasit yang disebut microbiome.

Fungsinya sebagai pertahanan pertama kulit untuk melawan berbagai faktor eksternal misalnya sinar UV, polusi, dan mikroorganisme patogen serta radikal bebas.

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Harus Segera ke Dokter Kulit

"Ketika keseimbangan microbiome kulit terganggu, kulit menjadi lebih sensitif dan dapat menyebabkan iritasi pada kesehatan kulit seperti timbulnya jerawat, dermatitis atopik, psoriasis, penuaan dini, dan lain sebagainya," terangnya, dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com.

Menurutnya, mempertahankan microbiome kulit yang seimbang menjadi kunci penting dalam merawat kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Kandungan yang aman bagi pemilik kulit sensitif

Menyadari masalah ini, PT Paragon Technology and Innovation merilis produk skincare baru bernama Labore. Produk ini dihadirkan dengan tagline The 1st Sensitive Skin Expert Designed and Tested for Tropical Skin.

Berbagai produknya merupakan sensitive skincare expert yang dirancang khusus oleh dermatologist dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit sensitif di negara beriklim tropis.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Sensitif dan Sensitized Skin

Riva Malida Fadilah, Senior Brand Executive PT Paragon Technology and Innovation mengatakan kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra dengan formulasi yang lightweight dan mudah menyerap sehingga nyaman digunakan seharian.

Labore, skincare lokal baru untuk pemilik kulit sensitif di negara tropis       Iqbal Abidin Labore, skincare lokal baru untuk pemilik kulit sensitif di negara tropis

“Melalui  kolaborasi dengan worldwide skin expert, LABORÉ hadir untuk memberikan solusi inovatif untuk kulit sensitif dengan menggunakan Microbiome Technology," jelasnya. 

Produk ini diciptakan dengan mengamati karakteristik kulit tropis yang membutuhkan perawatan berbeda.

Ia mengatakan, rangkaian produk Labore telah teruji aman digunakan oleh 900 wanita Indonesia yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

Berbagai produk Labore diformulasikan dengan tekstur lembab dan ringan, tidak terlalu occlusive, dan menggunakan bahan-bahan ramah untuk kulit sensitif termasuk hypoallergenic dan non-comedogenic.

Kandungannya juga bebas alkohol, pewangi, Cruelty Free Certified by PETA, dan vegan. Labore diklaim aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui serta halal. 

Sebagai permulaan, ada lima produk yang dirilis yakni Mind Cleanser, Barrier Revive Cream, Physical Sunscreen, Hydrating Toner, dan Skin Nutrition Gel. Beberapa diantaranya tersedia dalam trial size dan travel package.

Tujuannya, agar para pemilik sensitif bisa mencobanya terlebih dulu dalam ukuran kecil sebelum benar-benar merasakan manfaatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com