Kompas.com - 02/11/2021, 18:10 WIB
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat melukis karya terbarunya. I Understand More the Meaning of Life. SBY mengunggahnya di Instagram milik almarhumah istrinya, @aniyudhoyono. INSTAGRAM/@aniyudhoyonoPresiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat melukis karya terbarunya. I Understand More the Meaning of Life. SBY mengunggahnya di Instagram milik almarhumah istrinya, @aniyudhoyono.

KOMPAS.com - Penting untuk memahami penyebab kanker prostat dan upaya yang bisa dilakukan sebagai bagian dari tindakan pencegahan.

Kabar mengenai Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didiagnosis mengalami kanker prostat stadium awal setidaknya mengingatkan kembali pentingnya memahami lebih dalam mengenai penyakit ini.

Data dari Rumah Sakit Kanker Dharmais pada tahun 2018, seperti dikutip dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI 2019, misalnya, menunjukkan bahwa kasus kanker prostat mencapai 8,49 persen.

Setelah didiagnosis kanker prostat stadium awal, SBY dikabarkan akan menjalani perawatan di luar negeri.

Belajar dari kondisi SBY, penting untuk mengetahui apakah ada tindakan pencegahan kanker prostat yang dapat dilakukan.

Melakukan tindakan pencegahan tak hanya dapat menurunkan risiko kanker prostat, tetapi juga menurunkan risiko komplikasi kanker prostat, termasuk metastasis kanker prostat (penyebaran ke organ lain), inkontinensia, dan disfungsi ereksi.

Baca juga: Idap Kanker Prostat, SBY Akan Berobat ke Luar Negeri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab kanker prostat

Belajar dari SBY, penting untuk mengetahui penyebab kanker prostat dan upaya pencegahan yang dapat kita lakukan.Shutterstock/Wasan Tita Belajar dari SBY, penting untuk mengetahui penyebab kanker prostat dan upaya pencegahan yang dapat kita lakukan.

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Mayo Clinic menjelaskan, prostat adalah kelenjar kecil penghasil cairan mani pada pria yang berfungsi memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Banyak kasus kanker prostat tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat saja, sehingga kemungkinan tidak menyebabkan kerusakan serius.

Meski begitu, beberapa jenis kanker prostat bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat, sehingga memerlukan penanganan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.