Kompas.com - 10/11/2021, 11:25 WIB

KOMPAS.comKopi merupakan minuman paling populer di dunia. Rasa dan aroma kopi yang khas membuat banyak orang tak bisa menolak kenikmatan dari secangkir kopi.

Selain bisa mengusir kantuk, kopi terbukti ampuh untuk memulai hari dengan baik. Tak mengherankan jika banyak orang menjadikan aktivitas minum kopi di pagi hari sebagai sebuah kebiasaan.

Namun, dapatkah kamu membayangkan bila kopi yang kita sukai hari ini rasanya akan berubah di masa depan?

Sebelum menyalahkan mesin pembuat kopi, ada baiknya kamu mengetahui jika rasa kopi kemungkinan akan berubah karena dampak perubahan iklim.

Kopi adalah tanaman asli Ethiopia yang kini dibudidayakan di lebih dari 27 juta hektar lahan di seluruh dunia.

Kopi tumbuh baik di iklim tropis dengan suhu sedang dan tanah yang subur. Kondisi ideal untuk tanaman kopi arabika meliputi suhu mulai dari 14 hingga 20 Celsius, curah hujan tahunan antara 99 hingga 269 cm, dan musim kemarau tahunan yang berlangsung 1 hingga 3 bulan.

Namun kondisi optimal ini makin jarang dijumpai akibat perubahan iklim di bumi yang terus berlanjut dan cuaca ekstrem melanda tanaman kopi.

Dalam ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Plant Science, para peneliti mencatat perubahan iklim mempengaruhi keseimbangan kimia tanaman kopi.

Ini tidak hanya memengaruhi bau dan rasa kopi, tetapi juga senyawa yang relevan dengan kesehatan dan nutrisinya.

Para peneliti mendasarkan kesimpulan mereka dari 73 data penelitian yang berfokus pada faktor lingkungan dan pertanian terkait perubahan iklim serta pola cuaca yang berubah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Webmd.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.