Kompas.com - 14/11/2021, 08:56 WIB

KOMPAS.com – Dari sekian banyak varian menu sarapan, mungkin oatmeal bisa dikatakan sebagai menu sarapan terbaik. Pasalnya, di balik rasanya yang lezat dan mudah cukup mudah dibuat, oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan penurunan berat badan.

Kebaikan gandum utuh dari oat memang akan memberi kita serat dan protein, membuat kita kenyang sepanjang pagi.

Selain itu, hanya dengan kandungan 150 kalori per setengah cangkir, konsumsi oat juga tidak akan memuat kita memulai hari dengan berat. Bahkan faktanya, sebuah studi tahun 2016 dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa oatmeal meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan lebih baik daripada sereal siap saji.

Kendati demikian, jika kita menggunakan oatmeal sebagai menu sarapan guna menurunkan berat badan, kita mungkin memerlukan beberapa cara baru untuk membuat menu oatmeal yang menarik dan tak membosankan.

Baca juga: Resep Bubur Seafood untuk Sarapan, Bisa Diganti Oatmeal 

 

Oatmeal sendiri merupakan makanan yang cukup mudah untuk dikreasikan lho.

Nah, berikut variasi menu oatmeal menarik untuk menurunkan berat, seperti dilansir dari Eat This Not That.

1. Blueberry + Almond

Almond mungkin padat kalori, membuat kita mengira bahwa makanan satu ini tidak mampu membantu melangsingkan tubuh. Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih sering makan kacang cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah.

Jadi, sertakan segenggam kecil irisan almond dalam kreasi oatmeal kita berikutnya. Kemudian, untuk menambahkan rasa manis, beralihlah ke blueberry segar atau beku, alih-alih menambahkan susu kental manis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin, flavonoid yang memberi warna khas pada blueberry, mungkin memiliki sifat penurun berat badan alami.

Baca juga: 5 Efek Menyehatkan Jika Rajin Makan Oatmeal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.