Kompas.com - 29/11/2021, 06:06 WIB

KOMPAS.com – Terdapat sejumlah cara untuk mengusir lalat. Cara yang biasa dilakukan adalah menggantungkan plastik berisi air di atas makanan, raket antilalat, dan menyalakan lilin.

Keberadaan lalat di rumah memang mengganggu sebab serangga yang satu ini suka hinggap di atas kotoran, sampah, lalu hinggap ke makanan kita.

Padahal, tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat tersebut merupakan sarang virus, bakteri, kuman, termasuk parasit, yang bisa menempel pada makanan.

Karena lalat membawa risiko penularan penyakit bagi manusia, seperti gangguan pencernaan hingga trakhoma yang merupakan infeksi bakteri pada mata, banyak orang mencari cara untuk mengusirnya.

Cara lain yang juga biasa dilakukan orang-orang adalah menyemprotkan obat pembasmi lalat. Meski cara ini terbilang cepat dan ampuh, penggunaan bahan kimia tentu tidak baik bagi kesehatan manusia.

Baca juga: 9 Aroma untuk Mengusir Lalat dari Rumah

Maka, disarankan untuk mencari alternatif yang alami untuk mengusir lalat. Salah satunya dengan menanam tanaman yang keberadaannya tidak disukai oleh serangga ini.

Tanaman pengusir lalat

Ada sejumlah tanaman yang terbukti ampuh mengusir lalat. Daftar tanaman berikut ini bisa kamu temui di Indonesia dan dapat kamu tanam di rumahmu.

1. Catnip

Catnip yang disukai kucing ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.krblokhin Catnip yang disukai kucing ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.
Banyak orang mengira lalat hanyalah serangga pengganggu yang suka hinggap di tempat-tempat kotor. Lebih dari itu, ternyata ada juga jenis lalat yang berbahaya bagi manusia karena bisa menghisap darah.

Agar lalat jenis ini tidak masuk ke dalam rumah, kamu bisa mencegahnya dengan tanaman catnip. Keampuhan catnip untuk mengusir lalat diakui oleh American Chemical Society dalam laporannya yang diterbitkan tahun 2010.

Selain berguna mengusir lalat, catnip juga cocok bagi para pecinta kucing. Sebab, kucing suka memakan daun catnip dan bermain dengan tanaman ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.