Kompas.com - 02/12/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Terus mengikuti tren produk kecantikan dan perawatan kulit memang membingungkan, teruatama soal K-beauty atau tren kecantikan ala Korea. Apalagi, rasanya kini tren-tren baru terus bermunculan dengan cepat.

Ambil contohnya produk dasar dalam 10 langkah rutinitas kecantikan K-beauty, facial essence, toner, dan serum. Apa perbedaannya?

Apa itu facial essence?

Seperti namanya, facial essence merupakan “esensi” dari K-beauty.

Essence biasanya digunakan setelah toner dan sebelum serum atau ampul untuk menghidrasi dan meregenerasi kulit, serta mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya dari rutinitas perawatan kulit.

Namun, masih banyak bertanya-tanya perlukah untuk memakai essence atau tidak. Perbedaannya dengan serum dan pelembap pun terkadang membuat bingung.

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya.

Baca juga: Raisa Ungkap Tahapan Skincare Rutin yang Bikin Kulitnya Glowing

Toner vs. Facial Essence

Jika dilihat sepintas facial essence maupun toner bisa mengecoh kita. Pasalnya, keduanya memiliki bentuk dan tekstur serupa.

Toner dan facial essence pun sama-sama terbuat darai bahan serupa, yaitu air, yang dipadukan dengan minyak ekstrak atau esensial.

Kendati demikian, keduanya berbeda. Jika toner berperan untuk menghidrasi permukaan kulit, facial essence justru menambah kelembapannya dari dalam.

Toner digunakan setelah membersihkan wajah untuk menghilangkan sisa residu dari kulit yang mungkin dilewatkan. Selain itu, toner juga bertugas menenangkan kulit dengan mengeksfoliasi kulit dengan lembut dan mengembalikan tingkat keseimbangan PH kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Wishtrend
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.