Kompas.com - 05/12/2021, 21:50 WIB

KOMPAS.com – Pernikahan berarti kita sudah siap menyatukan dua kepala yang tentunya sangat berbeda dan siap menghadapi kehidupan bersama pasangan. Kehidupan pernikahan tentu tak selalu mulus, akan ada berbagai perbedaan pendapat dan prinsip yang bisa dihadapi.

Karena itu, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dibicarakan bersama pasangan sebelum berikrar sehidup semati. Sebab, ada banyak perbedaan prinsip yang mungkin ditemui, mulai dari soal cara mendidik anak, mengatur keuangan, hingga pilihan tempat tinggal.

Nah, berikut ini ada tiga hal yang harus dibicarakan terlebih dahulu bersama pasangan sebelum menikah, seperti dilansir dari Pinkvilla.

Baca juga: 5 Alasan Menikah Terlambat Lebih Baik Daripada Salah Pilih Pasangan

Keuangan

Kita mungkin berpikir terlalu canggung untuk membahas uang sebelum menikah, namun ingatlah bahwa itu adalah bagian penting dari kehidupan rumah tangga.

Jadi, diskusikan bagaimana kita dan pasangan akan menangani berbagai hal, seperti membagi tagihan atau tidak, dan apakah boleh kita memilih untuk bekerja atau tinggal di rumah setelah menikah. Keterbukaan tentang masalah keuangan juga penting, misalnya apakah salah satu memiliki utang atau cicilan. 

Semakin sering berdiskusi, semuanya pun akan semakin jelas. Jadi, hilangkan kecanggungan dan bicarakan tentang keuangan.

Baca juga: 3 Rahasia Mengatur Keuangan agar Jadi Pasangan Bahagia

Lokasi tempat tinggal

Mendiskusikan di mana akan tinggal setelah menikah juga penting, terutama untuk pasangan yang tinggal beda kota.  Sangat penting untuk memikirkannya terlebih dahulu dan memikirkan pro dan kontra. 

Pastikan tidak ada yang melakukannya dengan terpaksa, dan ingatlah untuk memutuskan demi kebahagiaan dan kenyamanan satu sama lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Pinkvilla


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.