Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 21:50 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com – Pernikahan berarti kita sudah siap menyatukan dua kepala yang tentunya sangat berbeda dan siap menghadapi kehidupan bersama pasangan. Kehidupan pernikahan tentu tak selalu mulus, akan ada berbagai perbedaan pendapat dan prinsip yang bisa dihadapi.

Karena itu, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dibicarakan bersama pasangan sebelum berikrar sehidup semati. Sebab, ada banyak perbedaan prinsip yang mungkin ditemui, mulai dari soal cara mendidik anak, mengatur keuangan, hingga pilihan tempat tinggal.

Nah, berikut ini ada tiga hal yang harus dibicarakan terlebih dahulu bersama pasangan sebelum menikah, seperti dilansir dari Pinkvilla.

Baca juga: 5 Alasan Menikah Terlambat Lebih Baik Daripada Salah Pilih Pasangan

Keuangan

Kita mungkin berpikir terlalu canggung untuk membahas uang sebelum menikah, namun ingatlah bahwa itu adalah bagian penting dari kehidupan rumah tangga.

Jadi, diskusikan bagaimana kita dan pasangan akan menangani berbagai hal, seperti membagi tagihan atau tidak, dan apakah boleh kita memilih untuk bekerja atau tinggal di rumah setelah menikah. Keterbukaan tentang masalah keuangan juga penting, misalnya apakah salah satu memiliki utang atau cicilan. 

Semakin sering berdiskusi, semuanya pun akan semakin jelas. Jadi, hilangkan kecanggungan dan bicarakan tentang keuangan.

Baca juga: 3 Rahasia Mengatur Keuangan agar Jadi Pasangan Bahagia

Lokasi tempat tinggal

Mendiskusikan di mana akan tinggal setelah menikah juga penting, terutama untuk pasangan yang tinggal beda kota.  Sangat penting untuk memikirkannya terlebih dahulu dan memikirkan pro dan kontra. 

Pastikan tidak ada yang melakukannya dengan terpaksa, dan ingatlah untuk memutuskan demi kebahagiaan dan kenyamanan satu sama lain.

Berbagi rumah bersama mertua

Sangat penting untuk mendiskusikan apakah kita dan pasangan akan pindah ke rumah baru atau berbagi rumah dengan mertua. Pikirkan dengan baik apa yang cocok untuk kita putuskan untuk diri sendiri dan pasangan.

Kebanyakan orang memang menginginkan privasi dan mungkin ingin pindah ke rumah baru, sementara beberapa lainnya mungkin ingin menikmati waktu bersama keluarga atau karena harus menjaga orangtua yang sedang sakit.

Jadi, alih-alih bertengkar, cobalah pahami pandangan orang lain, hargai mereka, lalu tunjukkan pendapat kita.

Baca juga: Tinggal di Rumah Mertua? Ini 4 Cara Mudah agar Akrab

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com