Kompas.com - 06/12/2021, 16:58 WIB
Ilustrasi belanja bahan pangan. ShutterstocksIlustrasi belanja bahan pangan.

KOMPAS.com - Keju merupakan bahan makanan yang lezat dan kaya akan zat gizi untuk tumbuh kembang anak. Walau demikian jangan sembarangan memilih merk keju olahan.

Menurut ahli nutrisi Dr.Rita Ramayulis, nutrisi dalam keju terdiri kalsium, protein, dan vitamin D.

"Keju merupakan olahan susu, sehingga zat gizi dalam keju harus sama dengan susu. Memilih keju pun harus sama dengan zat dalam susu," ujar Rita dalam acara talkshow yang diadakan oleh Kraft (3/12).

Salah satu jenis keju olahan yang cukup populer adalah keju cheddar. Keju jenis ini terbuat dari pasteurisasi susu sapi. Biasanya bertekstur keras dan berwarna putih pucat, dengan rasa gurih. 

Di Indonesia, produk olahan keju cheddar lebih mudah ditemui.  Meski begitu, keju olahan cheddar di pasaran tidak sama. Ada yang komposisinya tidak sesuai dengan susu.

Baca juga: Apa Itu Keju Cheddar? Keju yang Populer di Indonesia

Menurut Rita, keju cheddar dari susu asli harus mengandung tiga komponen utama, yaitu kalsium, protein, dan vitamin D.

Konsumsi keju cheddar bisa mendukung kesehatan anak, teramsuk meningkatkan kepadatan tulang anak dan sumber kalori yang baik.

Penyanyi Bunga Citra Lestari dalam peluncuran kampanye #KejuAsliCheck dari Kraft.Dok Mondelez Penyanyi Bunga Citra Lestari dalam peluncuran kampanye #KejuAsliCheck dari Kraft.

Kampanye membaca label pangan

Dalam sebuah survei yang diadakan oleh keju Kraft, 77 persen responden mengatakan tidak terbiasa melihat label pangan. Lebih dari 60 persen juga menjawab tidak tahu bahwa produk olahan keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar.

Penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) mengatakan, selama ini selalu membaca label kemasan dari produk pangan yang dibelinya. Baginya, itu adalah salah satu tanggung jawabnya sebagai ibu untuk memberi yang terbaik bagi anaknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.