Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 08:16 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com – Banyak orang menyarankan untuk mencoba olahraga berenang bagi mereka yang ingin tumbuh lebih tinggi.

Walau tinggi badan seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetik, namun saran tersebut ada benarnya.

Hampir semua jenis olahraga pada dasarnya akan menyehatkan sehingga mempengaruhi perkembangan tubuh seseorang, termasuk tinggi badannya.

Namun tidak hanya itu, ternyata olahraga air yang satu ini punya manfaat lain bagi fisik dan mental yang belum banyak diketahui, lho!

Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat berenang bagi tubuh, ada baiknya mengenali olahraga ini dengan baik.

Dengan mengetahui teknik dan peralatan yang benar, kamu bisa bergerak di air secara efektif dan terbebas dari risiko cedera.

Baca juga: Apakah Berenang Bisa Mengobati Sakit Punggung?

Apa itu berenang?

Berenang adalah latihan kardiovaskular. Olahraga ini melibatkan banyak otot besar yang bekerja bersama secara bersamaan dan terus menerus.

Ketika berenang, seseorang harus menggerakan seluruh bagian tubuhnya. Oleh karena itu, jantung bekerja keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Berenang juga menggabungkan latihan ketahanan otot, sebab untuk berenang dari satu titik ke titik lainnya membutuhkan kerja otot untuk jangka waktu yang lama.

Seperti olahraga sprint, dalam beberapa keadaan berenang bisa berfungsi sebagai latihan kekuatan dan ketahanan. Tapi, berenang tetaplah latihan kardiovaskular.

Tips berenang untuk pemula

Ilustrasi berenang Ilustrasi berenang
Karena olahraga yang satu ini membutuhkan teknik yang benar, maka para pemula harus mengetahui teknik dasar berenang yang baik.

Tracy Doherty, seorang pelatih renang AS untuk level 1, menyarankan para pemula untuk belajar renang dari pelatih renang yang tersertifikasi sebagai instruktur keselamatan air

Lebih baik lagi jika mereka memiliki pengalaman renang yang kompetitif dan latar belakang anatomi dan fisiologi.

Pelatih renang bersertifikat lainnya, Roger Montenegro, C.S.C.S menambahkan apabila para pemula kesulitan mencari pelatih renang, mereka bisa menanyakannya kepada pengelola kolam renang untuk memastikan apakah ada pelatih internal atau tidak.

Jika para pemula tidak mampu membayar jasa pelatih renang atau tidak memiliki pelatih yang cocok, mereka bisa belajar teori renang secara online lalu mempraktekkannya di kolam yang aman atau dangkal.

Baca juga: Bakar Kalori dan Bentuk Otot dengan Berenang

Perlengkapan renang yang dibutuhkan

Olahraga apa pun tentu membutuhkan peralatan yang aman dan sudah tersertifikas agar saat berolahraga tetap aman dan terhindar dari risiko cedera.

Dalam hal ini, peralatan renang yang dibutuhkan salah satunya adalah baju renang.

Carilah baju renang yang terasa nyaman dan aman sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa berat saat berenang.

Bagi perempuan, setelan baju renang one-piece biasanya lebih nyaman dan mudah digunakan daripada setelan baju renang two-piece.

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk berenang adalah kacamata renang. Doherty mengatakan, kacamata renang dibutuhkan agar seseorang bisa melihat saat berenang.

“Anda harus bisa melihat ketika berenang. Jika buram, dan kamu tidak tahu arah, maka kamu bisa menabrak orang lain," ujar Doherty.

Untuk itu, ia merekomendasikan agar orang-orang membeli kacamata dengan potongan hidung yang sesuai dengan wajah agar tidak bocor saat berenang.

Banyak ahli juga merekomendasikan topi renang agar rambut tetap terjaga dan tidak menghalangi saat berenang.

Topi renang silikon cenderung terasa lebih nyaman daripada lateks dan lebih efektif daripada topi kain untuk menahan air dan mengurangi hambatan.

Dan, yang tak boleh dilupakan adalah membawa sandal jepit untuk dipakai di sekitar kolam renang dan ruang ganti untuk mencegah kutu air.

Baca juga: Berenang di Kolam Air Dingin, Alternatif Solusi Atasi Depresi

Intensitas berenang

Ilustrasi berenangmoodboard Ilustrasi berenang
Sama seperti olahraga pada umumnya, untuk mendapatkan manfaat dari berenang, olahraga ini harus dilakukan secara konsisten.

Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com