Kompas.com - 07/12/2021, 08:16 WIB

KOMPAS.com – Banyak orang menyarankan untuk mencoba olahraga berenang bagi mereka yang ingin tumbuh lebih tinggi.

Walau tinggi badan seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetik, namun saran tersebut ada benarnya.

Hampir semua jenis olahraga pada dasarnya akan menyehatkan sehingga mempengaruhi perkembangan tubuh seseorang, termasuk tinggi badannya.

Namun tidak hanya itu, ternyata olahraga air yang satu ini punya manfaat lain bagi fisik dan mental yang belum banyak diketahui, lho!

Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat berenang bagi tubuh, ada baiknya mengenali olahraga ini dengan baik.

Dengan mengetahui teknik dan peralatan yang benar, kamu bisa bergerak di air secara efektif dan terbebas dari risiko cedera.

Baca juga: Apakah Berenang Bisa Mengobati Sakit Punggung?

Apa itu berenang?

Berenang adalah latihan kardiovaskular. Olahraga ini melibatkan banyak otot besar yang bekerja bersama secara bersamaan dan terus menerus.

Ketika berenang, seseorang harus menggerakan seluruh bagian tubuhnya. Oleh karena itu, jantung bekerja keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Berenang juga menggabungkan latihan ketahanan otot, sebab untuk berenang dari satu titik ke titik lainnya membutuhkan kerja otot untuk jangka waktu yang lama.

Seperti olahraga sprint, dalam beberapa keadaan berenang bisa berfungsi sebagai latihan kekuatan dan ketahanan. Tapi, berenang tetaplah latihan kardiovaskular.

Halaman:
Sumber SELF


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.