Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 18:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh tidur dekat HP.

Kebiasaan tidur dengan HP di sebelah kita ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Efenya mungkin tidak langsung dirasakan, namun jika kebiasaan ini dilakukan secara konsisten selama bertahun-tahun kita mungkin akan mulai merasakan dampak buruknya.

Adapun beberapa aktivitas dengan HP yang biasa dilakukan sebelum tidur termasuk menelepon, berkirim pesan, berselancar di internet, mengakses media sosial, merespons email, dan lainnya.

Mengetahui alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP bisa membantu kita berupaya menghindari kebiasaan buruk yang mungkin selama ini dilakukan sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Insomnia: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Kenapa tidak boleh tidur dekat hp

Berikut beberapa alasan kenapa tidak boleh tidur dekat hp yang perlu kita perhatikan:

  • Potensi tumor otak

Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.SHUTTERSTOCK/SFAM_PHOTO Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.
Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.

Melansir Verywell Health, medan elektromagnetik yang dihasilkan dari HP memang diklasifikasikan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia, meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan hubungan itu.

Secara umum, menurut Health, HP mengeluarkan radiasi elektromagnetik dengan dosis kecil, sehingga sebetulnya masih sangat aman.

Adapun radiasi elektromagnetik juga dipancarkan dari sinar-X dan gelombang mikro, yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada paparan dalam jumlah tinggi.

Mengutip Express, Cancer Research UK juga mengatakan bahwa potensi kanker karena tidur dekat dengan HP cenderung tidak terjadi. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendalami hal ini. Terutama karena HP termasuk bagian dari teknologi baru yang risetnya masih terus dilakukan dari waktu ke waktu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus melakukan penilaian risiko formal, sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan bobot bukti ilmiah yang ada tidak menunjukkan adanya hubungan antara tidur dekat HP dengan potensi kesehatan yang merugikan.

Meski begitu, jika masih khawatir dengan potensi tumor otak ketika tidur dengan HP di sebelah kita, berhentilah mengaksesnya jelang waktu tidur dan letakkan HP di atas meja yang jauh dari tempat tidur.

Baca juga: Apa Penyebab Terjadinya Tumor Otak?

  • Sulit tidur

Meletakkan HP di sebelah kita saat hendak pergi tidur membuat kita cenderung lebih mudah tergoda untuk melihatnya kembali, terutama jika kita sulit memejamkan mata. Ini menjadi salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP.UNSPLASH/NUBELSON FERNANDES Meletakkan HP di sebelah kita saat hendak pergi tidur membuat kita cenderung lebih mudah tergoda untuk melihatnya kembali, terutama jika kita sulit memejamkan mata. Ini menjadi salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP.
Meletakkan HP di sebelah kita saat hendak pergi tidur membuat kita cenderung lebih mudah tergoda untuk melihatnya kembali, terutama jika kita sulit memejamkan mata.

Ini menjadi salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com