Kompas.com - 08/12/2021, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh tidur dekat HP.

Kebiasaan tidur dengan HP di sebelah kita ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Efenya mungkin tidak langsung dirasakan, namun jika kebiasaan ini dilakukan secara konsisten selama bertahun-tahun kita mungkin akan mulai merasakan dampak buruknya.

Adapun beberapa aktivitas dengan HP yang biasa dilakukan sebelum tidur termasuk menelepon, berkirim pesan, berselancar di internet, mengakses media sosial, merespons email, dan lainnya.

Mengetahui alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP bisa membantu kita berupaya menghindari kebiasaan buruk yang mungkin selama ini dilakukan sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Insomnia: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Kenapa tidak boleh tidur dekat hp

Berikut beberapa alasan kenapa tidak boleh tidur dekat hp yang perlu kita perhatikan:

  • Potensi tumor otak

Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.SHUTTERSTOCK/SFAM_PHOTO Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.
Salah satu alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP yang populer di masyarakat adalah karena potensi radiasi elektromagnetik yang menyebabkan tumor otak, terutama jika HP dipegang atau ditaruh tepat di sisi kepala.

Melansir Verywell Health, medan elektromagnetik yang dihasilkan dari HP memang diklasifikasikan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia, meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan hubungan itu.

Secara umum, menurut Health, HP mengeluarkan radiasi elektromagnetik dengan dosis kecil, sehingga sebetulnya masih sangat aman.

Adapun radiasi elektromagnetik juga dipancarkan dari sinar-X dan gelombang mikro, yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada paparan dalam jumlah tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.