Kompas.com - 10/12/2021, 17:50 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengajak anak-anak makan bersama dengan seluruh keluarga merupakan salah satu strategi pengasuhan yang baik untuk dilakukan oleh para orangtua.

Selama dua dekade terakhir, penelitian demi penelitian juga menunjukkan bahwa meluangkan waktu tanpa gadget beberapa menit setiap hari dan terhubung satu sama lain dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental bagi semua anggota keluarga.

Selain meningkatkan kesehatan fisik dan mental, menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga juga memiliki manfaat lain yang tidak terduga, seperti berikut ini.

1. Mengajarkan anak kebiasaan makan yang lebih baik

Sebuah studi baru-baru ini di JAMA Network Open menunjukkan bahwa makan bersama anggota keluarga dikaitkan dengan pola makan yang lebih baik secara keseluruhan, terutama di kalangan remaja.

Remaja yang makan bersama keluarga cenderung mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta lebih sedikit makanan cepat saji dan minuman manis.

Menurut penelitian tersebut, temuan ini juga berlaku terlepas dari seberapa fungsional atau disfungsional sebuah keluarga.

2. Mencegah masalah psikososial yang serius

Menurut tinjauan tahun 2015 oleh sekelompok peneliti Kanada, makan malam keluarga yang rutin dapat mencegah masalah gangguan makan, alkohol dan penggunaan zat terlarang, perilaku kekerasan, depresi, serta pikiran untuk bunuh diri pada remaja.

Peserta studi yang rata-rata adalah wanita muda kemungkinan besar juga akan menuai manfaat dari makan bersama keluarga ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.