Kompas.com - 11/12/2021, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Wortel merupakan sayuran yang digemari banyak orang. Pasalnya, sayuran ini punya tekstur yang renyah, mudah didapat, dan bisa diolah menjadi berbagai varian makanan.

Tidak hanya itu, wortel juga banyak dikenal karena sejak kecil kita selalu dianjurkan untuk memakannya sebab mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Ada pun, sebelum vitamin A diserap tubuh, vitamin ini berasal dari beta karoten yang juga memberi warna oranye pada wortel.

"Vitamin A mungkin paling dikenal pada wortel karena perannya dalam mendukung kesehatan mata dan penglihatan yang baik, dan asupan yang cukup sangat penting dalam mengurangi risiko degenerasi makula," kata kata penulis The Plant Forward Solution, Charlotte Martin, M.S., RDN.

Dalam hal ini, setengah cangkir wortel cincang mentah mengandung lebih dari setengah jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

Meski sangat lekat dengan kesehatan mata, tahukah kamu kalau ada banyak manfaat lain dari wortel bagi kesehatan tubuh? Berikut sejumlah manfaat wortel yang perlu kamu ketahui.

1. Wortel membantu kulit tetap sehat

Selain fungsinya menjaga kualitas penglihatan kita, vitamin A juga penting untuk melindungi kesehatan kulit.

Mengutip sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, Martin mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin A dan karotenoid dapat mengurangi risiko kanker kulit.

"Asupan wortel secara teratur, yang merupakan salah satu sumber terbaik dari pro-vitamin A beta-karoten karotenoid, dapat membantu memastikan pasokan vitamin A yang cukup dalam tubuh," katanya.

2. Wortel baik untuk kesehatan usus

Perlu diketahui bahwa per setengah cangkir wortel mengandung 2 gram serat, yang terdiri dari serat larut dalam bentuk pektin dan serat tidak larut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.