Kompas.com - 14/12/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagaimana jenis olahraga lain, golf pun tentu memiliki banyak manfaat sehat bagi pelakunya. 

Namun, temuan yang satu ini mungkin belum banyak diketahui publik. Ya, golf disebut amat berguna bagi penderita parkinson.

Studi terbaru menemukan, bermain golf dapat membantu keseimbangan dan mobilitas pada orang-orang yang memiliki penyakit parkinson.

Bermain golf bahkan lebih membantu penderita parkinson berlatih keseimbangan dan mobilitas ketimbang mereka melakukan tai chi—seni bela diri dan senam kesehatan dari China.

Studi ini dipresentasikan pada Annual Meeting American Academy of Neurology yang ke-73.

Baca juga: Pengidap Parkinson Dianjurkan Pakai Samsung Galaxy Watch, Buat Apa?

Tim peneliti memantau 20 orang dengan gejala parkinson sedang, di mana mereka bermain golf atau berlatih tai chi selama kurun waktu 10 minggu.

Para peneliti mengatur waktu peserta saat melakukan aksi bangun dari kursi, berjalan sejauh tiga meter, lalu kembali ke kursi dan duduk.

"Kita mengetahui orang dengan penyakit parkinson mendapatkan manfaat dari berolahraga, tetapi tidak begitu banyak penderita parkinson yang mendapatkan olahraga dalam jumlah mencukupi sebagai terapi."

Demikian dikatakan penulis studi Anne-Marie Wills, dokter di Massachusetts General Hospital di Boston, AS, dalam sebuah pernyataan.

"Golf adalah olahraga paling populer bagi orang berusia di atas 55 tahun, di mana hal itu kemungkinan mendorong orang untuk mencoba dan terus bermain golf."

Baca juga: Makanan untuk Meredakan Penyakit Parkinson, Apa Saja?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.