Kompas.com - 15/12/2021, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Media sosial sudah menjadi bagian dari hidup remaja saat ini. Walau begitu, penggunaannya bukan berarti tanpa masalah. Tak sedikit remaja yang mengalami perundungan, pencurian data, hingga kejahatan seksual, secara online. 

Tidak heran jika orangtua mungkin akan mulai takut dan khawatir kalau anak remaja mereka menghabiskan waktu berjam-jam per hari di platform media sosial yang berbeda.

Terlepas dari hal-hal negatif yang begitu banyak, media sosial juga memiliki manfaat yang tidak boleh diabaikan apabila digunakan dengan tepat, terutama jika menyangkut kesehatan mental remaja.

Lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya, berikut adalah beberapa dampak positif media sosial bagi remaja, seperti yang dilansir dari laman Moms.

Baca juga: Mengapa Selebritas Korea Jarang Gunakan Media Sosial?

1. Menghubungi teman-teman yang jauh

Tak mudah bagi remaja untuk kehilangan teman dan sahabatnya.  Namun, ketika mereka memiliki kesempatan untuk tetap berhubungan dengan mudah, hal itu dapat berdampak positif pada kesehatan mental mereka.

Menurut VeryWell Health, hubungan pertemanan dapat membawa kebahagiaan bagi remaja.

Mengetahui bahwa teman dekat mereka dapat dengan mudah dihubungi dan kedua belah pihak dapat mengikuti kehidupan satu sama lain, berarti persahabatan tidak harus berakhir ketika terjadi perpindahan jarak jauh.

2. Menjadi tempat untuk mengekspresikan diri

Remaja memiliki banyak emosi yang perlu mereka ekspresikan dengan cara yang aman di media sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.