Kompas.com - 11/01/2022, 16:52 WIB

KOMPAS.com - Kucing mungkin menjadi salah satu hewan yang terbilang misterius karena perilakunya yang aneh dan tidak selalu mudah dipahami.

Hal ini juga dapat terlihat ketika kita sedang bekerja dengan menggunakan laptop, di mana kucing kita akan dengan mudah berubah menjadi gangguan.

Baik itu mengambil alih keyboard, hingga email terkirim secara tidak sengaja, menghalangi panggilan video, dan bahkan membuat laptop kita terjatuh ke lantai.

Baca juga: Cara Mencegah Agar Kucing Tak BAB di Halaman Rumah

Jadi, apa masalahnya?

Mengapa kucing begitu terobsesi untuk mengganggu saat kita berada di depan laptop?

Bahkan tak jarang, kucing juga sangat nyaman untuk berbaring di atasnya.

Seorang konsultan perilaku kucing, Marilyn Krieger menjelaskan, banyak kucing duduk di tempat seperti keyboard dan laptop karena hewan ini suka berada di dekat orang favoritnya.

Dengan polah tersebut, kucing berharap bisa menjadi pusat perhatian.

"Biasanya orang memperkuat perilaku kasih sayangnya dengan membelai kucing atau berbicara dengan kucing saat hewan ini menghampiri di dekat laptop," kata dia.

Baca juga: Menguak 4 Mitos Terkait Perilaku Kucing

"Di samping itu, kucing juga dengan cepat belajar, ketika sedang duduk di keyboard, kucing akan mendapatkan apa yang diinginkan yakni perhatian," lanjut dia.

Nah, untuk menghindari kucing mengganggu saat kita bekerja, cukup jauhkan kucing, tanpa perlu melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

"Kita dapat menghentikan kebiasaan tersebut dengan memberikan kucing tempat yang nyaman dan diinginkan untuk menetap di sebelah kita, sambil memberikan kasih sayang dan perhatian," saran Krieger.

"Pada saat yang sama, cegah kucing untuk bermain-main dengan keyboard  yang hendak menjadikannya tempat duduk, dengan membuatnya tidak nyaman dan sulit diakses," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.