Kompas.com - 21/01/2022, 12:24 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling menyenangkan untuk menjadi sahabat manusia. Maka, tidak heran jika banyak orang memilih anjing sebagai hewan peliharaan.

Meski demikian, tidak semua ras anjing dapat dilatih dengan mudah, dan jika anjing yang kita pelihara tidak berperilaku baik, hewan ini bisa menjadi sumber stres yang besar.

Anjing juga dapat memiliki segala macam perilaku yang tidak diinginkan seperti selalu menggonggong, menarik tali, merusak barang-barang di rumah, dan tidak bersosialisasi dengan baik dengan orang atau hewan lain.

Jadi, pelatihan yang tepat sangat penting bagi setiap hewan peliharaan, apakah itu akan membuatnya menjadi sahabat keluarga, anjing penolong, anjing pendukung emosional, atau anjing penjaga.

"Anjing peliharaan kita perlu mengetahui kepatuhan dasar," kata kepala pelatih di perusahaan pelatihan anjing Zoom Room, Courtney Briggs.

"Misalnya memberikan instruksi seperti "duduk, diam, ayo, dan turun" adalah keterampilan penting yang harus kita kuasai sebelum membawa anjing ke lingkungan yang tidak dikenal dan aktivitas yang tidak dikenal," sambung dia.

Selain itu, ketika kita berpikir untuk membawa hewan peliharaan baru ke dalam hidup kita, pertimbangkan dulu ras mana yang paling mudah dilatih karena naluri dan kecerdasan berperan dalam melatih anjing.

Dengan pelatihan yang dilakukan secara rutin, anak anjing mana pun — dari ras anjing yang paling cerdas hingga pembelajar yang lebih lambat — biasanya dapat mempelajari dasar-dasarnya.

Baca juga: Ini 10 Jenis Anjing Terkuat, Ingin Memeliharanya?

Nah, melansir dari laman Reader's Digest, berikut ini terdapat tujuh daftar anjing yang paling mudah untuk dilatih dan jadi hewan peliharaan yang penurut.

1. Border collie

Ilustrasi ras anjing Border Collie.PIXABAY/JACUELINE GALAND Ilustrasi ras anjing Border Collie.
Border collie merupakan anjing yang cerdas dan energik. Sering ditemukan di wilayah perbatasan Skotlandia, collie adalah anjing yang gesit, cerdas, dan hebat dalam hal penggembalaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.