Kompas.com - 25/01/2022, 08:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kita semua pasti akan mengalami proses penuaan secara alami.

Meskipun tidak ada gunanya untuk mencoba menghentikan penuaan, tidak salah juga jika kita tetap mencari cara yang sehat untuk memperlambatnya.

Mayo Clinic mencatat bahwa hal-hal seperti olahraga, tidur nyenyak, mengurangi stres, dan mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Sementara itu, menurut ahli gizi dan penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD, ada salah satu minuman terbaik yang dapat memperlambat penuaan, yakni teh hijau atau green tea.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mempercepat metabolisme, mengurangi risiko kanker tertentu, dan meningkatkan kesehatan kognitif yang semuanya membantu memperlambat proses penuaan.

"Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi peradangan, dan merangsang produksi kolagen yang membuat kulit terlihat lebih muda," katanya.

Teh hijau mengandung lebih banyak antioksidan

Teh hijau diketahui mengandung jenis antioksidan tertentu yang disebut polifenol dalam jumlah tinggi.

Senyawa ini biasanya ditemukan di banyak tanaman yang berbeda dan dikenal mampu membantu melawan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di Nutrients, teh hijau mengandung polifenol  tertinggi dari teh lainnya, dengan sekitar 30 persen berasal dari antioksidan polifenol.

Walau banyak jenis teh lain juga memiliki berbagai khasiat, teh hijau adalah pilihan terbaik bagi kita untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Kulit yang Sehat

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
TANYA PAKAR - PARENTING
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.