Kompas.com - 07/02/2022, 08:08 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak rumah mode mewah dunia saat ini ikut membuat jam tangan. Sayangnya sebagian besar produk mereka tidak terlalu mengesankan karena dibuat sebagai aksesoris mode dan sekedar simbol status, bukan bagian serius dari pembuatan jam.

Namun Bvlgari adalah pengecualian. Tidak seperti brand mewah lain, merek asal Roma ini tampaknya bersungguh-sungguh mengembangkan divisi arlojinya, sehingga dengan cepat mengukir reputasi sebagai salah satu nama terkemuka di dunia haute horlogerie.

Secara khusus, lini Octo Finissimo dari Bvlgari telah mendapatkan penghargaan utama di industri jam tangan, antara lain dalam kategori kronograf mekanis tertipis di dunia dan minute repeater tertipis di dunia.

Selain itu, Bvlgari juga membuat arloji lain yang tidak kalah menarik. Salah satu karya terbaru yang patut disimak adalah Octo Roma Carillon Tourbillon (ref. 103627).

Octo Roma Carillon Tourbillon adalah sebuah arloji minute repeater yang menarik. Bagi yang belum tahu, minute repeater adalah fitur yang memungkinkan arloji berdentang sesuai pengaturan.

Minute repeater yang canggih biasanya menggunakan nada terpisah untuk jam, seperempat jam, dan menit. Karena dibuat secara mekanis, sistem ini sangat rumit sehingga dianggap sebagai sebuah pencapaian dalam pembuatan jam tangan.

Baca juga: Simfoni Mekanis Indah dalam Jam Tangan Sangat Terbatas dari Bvlgari

Bvlgari Octo Roma Carillon Tourbillon Bvlgari Octo Roma Carillon Tourbillon
Minute repeater sendiri dianggap sebagai salah satu fitur (atau disebut complication) jam tangan yang paling tradisional dan kompleks – sehingga kebanyakan jam jenis ini cenderung sangat konservatif dalam desain.

Namun Bvlgari melakukan pendekatan tidak biasa untuk Octo Roma Carillon Tourbillon. Pasalnya, baik casing maupun dial didesain untuk memaksimalkan terbentuknya suara.

Bagian casing ini memiliki rongga unik yang dirancang untuk menyebarkan suara lebih jauh dan makin nyaring dari dentingan tiga palu dengan tiga gong yang ada di dalamnya.

Gong pada arloji dibuat dalam beberapa tahap. Komponen ini dibentuk dengan tangan sebelum dikeraskan pada suhu 900 derajat Celsius, kemudian dibersihkan sebelum dipanaskan kembali dalam tanur 500 derajat. Hasilnya adalah gong yang berdenting dengan suara bening.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.